Sumber: www.qraved.com

Restaurant ala penjara, memangnya ada? Ada dong! Yap, Bong Kopitown menjadi jawabannya. Pelopor dari restaurant tersebut adalah Bong Chandra. Seorang pengusaha muda kelahiran 1987 ini berhasil mendirikan restaurant yang pertama kali berada di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dengan tagline “The Happiest Prisoner on Earth”, Bong Kopitown membawa Inspirator kembali merasakan nuansa penjara di Hong Kong pada tahun 1967. Walaupun penjara terkesan suram, kotor, dan bau, namun pengunjung tidak akan menemukan hal itu di sini. Sebaliknya, Bong Kopitown menyajikan hiasan dinding berupa graffiti dengan benda-benda zaman dahulu yang juga ikut memeriahkan nuansa penjara seperti mesin tik kuno, telepon genggam kuno, sempoa, hingga CD film Cina tempo dulu.

Sumber: www.james-eats.blogspot.com

Tidak hanya nuansa interior yang diberikan, para pelayan di sini juga mengenakan baju hitam-putih bergaris seperti narapidana. Makin lengkap deh aura penjaranya!

Sumber: www.chlealiving.com

Menilik lebih dalam tentang Bong Kopitown, ternyata restaurant ini memiliki sejarahnya, lho. Diambil dari cerita fiktif dengan latar Hong Kong pada tahun 1967, terdapat dua sahabat yang tidak dapat dipisahkan, yaitu Bong dan Kim. Suatu hari, Kim divonis hukuman penjara akibat kejahatan yang tidak ia lakukan. Karena rasa kesetiakawanan mereka, akhirnya Bong memutuskan untuk melamar menjadi koki di penjara tersebut. Hasil masakan mereka yang begitu lezat pun terdengar sampai ke telinga para penjahat yang menyebabkan Kim dipenjara. Pada akhirnya, penjahat tersebut yaitu Lee, Ming, dan Ken menyerahkan diri ke kantor polisi. Lalu, pemerintah setempat membuatkan restaurant untuk Bong dan Kim dengan nama Bong Kopitown.

Sumber: www.james-eats.blogspot.com

Walaupun interior Bong Kopitown dan sejarah fiktif berdirinya restaurant ini sangat erat dengan penjara, namun makanan di sana bukan makanan tawar ala penjara juga, lho! Pengunjung akan dimanjakan dengan menu peranakan dan juga makanan khas Indonesia seperti dari Singkawan dan Medan.

Uniknya, mereka meyajikan menu di sana juga dengan cerita singkatnya. Teringat dengan buronan Lee, Ming, dan Ken, Bong Kopitown khusus memberikan menu Ote-Ote yang menjadi menu buronan Lee, Choi Pan yang menjadi menu buronan Ming, dan Ham Pan yang menjadi menu buronan Ken. Ketiga menu ini hanya dibandrol Rp14.000.

Ote-ote Bong Kopitown. Sumber: www.id.openrice.com

Choi Pan Bang Kopitown. Sumber: www.chlealiving.com

Ham Pan Bong Kopitown. Sumber: www.eat-drink-garden.com

Masih penasaran dengan menu lainnya? Di Bong Kopitown juga terdapat Nasi Penjara. Makanan ini disajikan di atas piring tipis aluminium dengan nasi putih yang disiram dengan kuah sagu dan kuah kwetiau. Tak ketinggalan, terdapat juga potongan sayuran seperti kol, jagung, bakso, irisan ayam, serta taburan bawang goring di atasnya. Walaupun terlihat sederhana, namun Nasi Penjara ini terasa benar-benar gurih dan mampu menggoyangkan lidah!

Sumber: www.opensnap.com

Nah, jika tertarik, Inspirator dapat mengunjungi Bong Kopitown di Kelapa Gading, Plaza Semanggi, Supermall Karawaci, Summarecon Bekasi, dan Yogyakarta. Untuk makanan di sana, harganya berkisar Rp6000 – Rp35000 saja. Selamat mencoba!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY