Bisa Usir Semut, Ini Dia 5 Manfaat Ampas Kopi yang Jarang Diketahui

Photo: google

Kopi biasanya sering dijadikan hidangan saat sedang berkumpul bersama keluarga atau sahabat. Nah, saat kopinya sudah habis, jangan buru-buru diibuang ampasnya. Ampas kopi yang mengendap di dasar gelas masih bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga, lho. Simak dulu manfaat ampas kopi untuk kebutuhan rumah tangga berikut ya, Inspirator.

1. Menghilangkan bau tidak sedap di kulkas

Kulkas kerap mengeluarkan bau tidak sedap karena sering dijadikan tempat penyimpanan berbagai bahan makanan. Kalau kulkas di rumahmu sudah mengeluarkan bau tidak sedap–biasanya karena ada makanan yang sudah terlalu lama atau basi–segera bersihkan kulkas menggunakan ampas kopi. Caranya mudah, simpan ampas kopi di dalam wadah terbuka dan simpan di dalam kulkas kurang lebih 1 minggu. Ampas kopi akan menyerap bau tidak sedap di dalam kulkas, lho.

2. Menyamarkan goresan di kayu

Furnitur berbahan kayu biasanya rentan terhadap goresan. Tapi, tidak usah khawatir. Oleskan saja ampas kopi pada goresan di permukaan furnitur kayu secara berulang sampai warna furnitur kembali seperti semula.

3. Jadi sabun cuci tangan

Siapa sangka, ampas kopi bisa digunakan sebagai sabun cuci tangan lho, Inspirator. Gosokkan saja ampas kopi secara merata ke seluruh permukaan tangan lalu bilas dengan air bersih. Ampas kopi ini ampuh untuk meghilangkan bau amis yang menempel di tangan.

4. Mengusir semut

Kalau kamu sudah sebal dengan semut yang mengerubungi makanan di rumahmu, kamu bisa mengusirnya dengan ampas kopi. Cukup taburkan ampas kopi di sekitar rak penyimpanan makanan atau lubang yang menjadi rumah semut. Dengan begitu, semut tidak akan berani mendekati makanan atau ke luar dari lubang rumahnya. Kalau penasaran, kamu bisa segera terapkan cara ini!

5. Penyubur tanaman

Ternyata, tanaman juga menyukai kopi lho, Inspirator. Ampas kopi bisa dijadikan pupuk yang akan membuat tanaman semakin subur.

Nah, itu dia 5 manfaat ampas kopi untuk rumah tangga yang bisa segera kamu terapkan. Jadi, kalau nanti kamu melihat ampas kopi di dasar gelas, jangan buru-buru dibuang, ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

(Diolah dari berbagai sumber).

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here