Biar Mudikmu Lancar, Simak Dulu Penyakit yang Rentan Dialami Pemudik Ini!

Photo: tribunnews.com

Sebenar lagi lebaran tiba. Itu artinya penduduk Indonesia akan ramai-ramai kembali ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga. Meskipun harus menempuh perjalanan panjang dan padat, tapi momen mudik tetap dilakukan banyak orang.

Nah, saat mudik, banyak persiapan yang harus kamu lakukan. Misalnya, kesiapan fisik dan mental, yang jika tidak dipersiapkan dengan baik rentan menyebabkan penyakit. Lalu, penyakit apa saja yang rentan terjadi saat mudik?

1. Hipertensi

Photo: beritasatu.com

Menempuh perjalanan beratus-ratus kilometer dengan kondisi jalanan (hampir bisa dipastikan) padat tentu bisa memicu stres yang akhirnya akan menyebabkan kelelahan dan hipertensi. Nah, untuk meminimalisir timbulnya penyakit ini, kurangi konsumsi garam dan kafein. Pilih camilan sehat untuk dimakan sepanjang perjalanan, misalnya buah-buahan segar.

2. Infeksi saluran pernapasan (ISPA)

Photo: plimbi.com

Pemudik juga rentan terpapar debu dan polusi yang akhirnya bisa menganggu saluran pernapasan. Kalau kamu mudik menggunakan mobil, pastikan kondisi mobil dalam keadaan baik dan terhindar dari kebocoran gas. Kalau kamu menggunakan sepeda motor atau transportasi umum lainnya, gunakan masker untuk menghindari asap dan debu yang beterbangan.

3. Maag

Photo: google.com

Penyakit ini terjadi karena pola makan yang buruk. Meskipun sedang menempuh perjalanan jaub, tetap jaga pola makanmu dengan baik. Jauhi makanan pemicu kambuhnya maag, seperti makanan pedas, asam, dan minuman bersoda. Kalau kamu sedang berpuasa saat mudik, pastikan sudah makan dan minum secukupnya saat sahur dan berbuka puasa.

4. Nyeri sendi

Photo: tribunnews.com

Biasanya, keluhan ini baru muncul setelah tiba di kampung halaman. Hal ini disebabkan lamanya perjalanan dan terlalu lama duduk. Untuk menghindari nyeri pada sendi, pastikan posisi dudukmu santai dan nyaman. Sempatkan juga untuk beristirahat di rest area–kalau kamu naik mobil–dan lakukan peregangan otot.

Menjaga kesehatan selama perjalanan mudik penting sekali, Inspirator. Jangan sampai kamu justru jatuh sakit saat perjalanan mudik. Nah, ikuti tips di atas supaya kamu terhindar dari penyakit yang rentan dialami pemudik ini. Tetap jaga kesehatanmu dan selamat mudik, Inspirator!

(Sumber: guesehat.com)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here