Berkunjung Selama 4 Hari, Menteri Kerjasama Pembangunan Denmark Eratkan Kemitraan Dengan Indonesia

Dubes

Kemitraan inovatif Indonesia dan Denmark akan semakin erat dengan kunjungan Menteri Kerjasama Pembangunan Denmark, Ulla Tørnæs pada tanggal 30 April hingga 3 Mei 2017.
Kunjungan 4 hari tersebut akan menitikberatkan semua bidang kerjasama termasuk transisi dari kerjasama pembangunan ke perdagangan dan investasi serta tambahan model kerjasama terbaru hubungan bilateral Denmark dan Indonesia yaitu kerjasama antar pemerintah (G-to-G). Melihat banyaknya manfaat positif dari kerjasama antar pemerintah di bidang energi, Menteri Ulla Tørnæs akan meluncurkan kerjasama antar pemerintah baru yang berfokus pada air dan limbah.

Menteri Ulla Tørnæs menyampaikan: ”Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, kekuatan ekonomi yang naik daun dan merupakan mitra prioritas untuk Denmark. Melalui kerjasama yang terus menerus berkembang dan tentunya inovatif, Denmark bertujuan untuk memperkuat hubungannya dengan pemerintah Indonesia. Saya berharap dapat berdiskusi tentang bagaimana kita dapat bersama-sama mengembangkan solusi mutakhir untuk beberapa tantangan yang sama-sama kedua negara hadapi. Memenuhi permintaan energi, perubahan iklim dan resiko kerusakan lingkungan merupakan kunci untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan. Di sini saya yakin bahwa Indonesia dan Denmark dapat memperoleh manfaat yang luar biasa dari kerja sama dalam kemitraan publikswasta, sebagai contoh dalam bidang energi, kehutanan, air & limbah.”

Pada tanggal 2 Mei, Menteri Ulla Tørnæs bersama dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, akan meluncurkan peta angin dan studi energi angin yang menunjukkan potensi energi angin di Indonesia. Energi terbarukan merupakan tonggak kemitraan Denmark dengan Indonesia dan Denmark mendukung Indonesia dalam memenuhi target nasional untuk mencapai 23% energi terbarukan dari total konsumsi energi nasional pada tahun 2025.

Denmark

Sore harinya, Menteri Ulla Tørnæs akan bergabung dengan Menteri Lingkungan Hidup dan
Kehutanan, Siti Nurbaya meninjau Teluk Jakarta dari atas kapal untuk melihat pencemaran yang ditimbulkan dari sampah plastik dan air limbah. Bersama-sama, kedua menteri tersebut akan meluncurkan kerjasama antar pemerintah baru untuk air dan limbah bersama di Museum Bahari dilanjuti dengan penandatanganan kesepakatan dengan Pemerintah Provinsi Kota Jakarta oleh Duta Besar Denmark mengenai dukungan Denmark dalam merancang Rencana Induk Pengelolaan Limbah Jakarta.

Selama kunjungan kali ini, menteri juga akan menyaksikan penandatanganan Letter of Intent (LoI) atas sebuah inisiatif dengan Asia Foundation & Wahid Foundation guna mempromosikan toleransi dan dialog lintas agama serta melawan ekstremisme. Menteri juga akan membahas isu kepemudaan dengan perwakilan dari program #Ambassador1Day serta menghadiri acara #VikingBikingIndonesia yakni bersepeda mengelilingi jalanan kota Jakarta yang dikenal padat bersama komunitas Bike2Work untuk mempromosikan kota yang layak huni.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@Inspiratorfreak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here