Berencana ke Jepang Juli Nanti? Siap-Siap Nonton Festival Gion Matsuri!

Photo: mainichi.jp | Puncak festival Gion Matsuri

Inspirator punya rencana pergi atau berlibur ke Jepang Juli nanti? Kalau ya, kamu beruntung sekali! Karena akan ada Festival Gion Matsuri yang diselenggarakan selama Juli. Festival Gion Matsuri merupakan festival paling terkenal di Jepang lho, Inspirator. Jadi, sayang sekali kan, kalau kamu melewati kesempatan untuk menyaksikannya?

Apa itu Festival Gion Matsuri?

Festival yang sudah ada sekitar 1.100 tahun lalu ini konon terjadi karena wabah penyakit menular yang ganas sekali di Jepang. Maka dari itu, diadakan upacara untuk menenangkan arwah orang yang meninggal karena penyakit menular tersebut. Upacara ini pun kemudian dikenal dengan nama Gion.

Photo: sharing-kyoto.com

Masyarakat Jepang bersama-sama akan pergi ke kuil untuk berdoa dan percaya kalau dewa yang mampu meredakan wabah penyakit tersebut adalah Dewa Susano no Mikoto. Lambat laun, wabah penyakit ganas itu mereda. Sejak itu, Gion Matsuri diadakan setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih pada Dewa Susano no Mikoto.

Diadakan sebulan penuh

Festival ini diadakan cukup lama, mulai 1 hingga 31 Juli. Puncak dari festival ini–disebut Yamaboko Junko–akan dilaksanakan dua kali, yaitu pada 17 dan 24 Juli. Penyelenggaran festival ini dilakukan di Kyoto, karena Kyoto merupakan tempat pertama kali Gion Matsuri diadakan.

Parade kereta

Photo: mainichi.jp | Puncak festival Gion Matsuri

Pada puncak festival atau Yamaboko Junko, akan ditandai dengan iring-iringan kereta berbentuk rumah adat Jepang. Kereta ini akan dinaiki dan ditarik masyarakat yang mengikuti acara ini. Mereka mengenakan kimono lengkap dengan aksesorinya, seperti samurai, topi segi tiga dan kipas tangan.

Arti Yamaboko

Photo: japan-guide.com | ornamen dalam kereta

Istilah yamaboko berasal dari Yama dan Hoko. Yama merupakan kendaraan beroda besar dari kayu dengan hiasan berupa benda-benda seni dan ditarik banyak orang. Sedangkan hoko adalah tombak yang panjangnya mencapai 25 meter untuk ditaruh di yama; beratnya bisa mencapai 10 ton. Nah, untuk menarik kereta di iring-iringan yamaboko ini membutuhkan tenaga 40-50 orang. Tidak heran, karena ternyata keretanya berat sekali.

Kalau Inspirator akan berkunjung ke Jepang Juli nanti, siap-siap untuk menonton festival paling populer di Jepang ini, ya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here