Mahasiswa Sosial bersama Social Designee melakukan kegiatan berbuka bersama di Desa Curug Wetan

Sehubungan dengan adanya Bulan Ramadhan, Social Designee sebagai komunitas sosial dan media mahasiswa berbasis seni dan desain mengadakan kegiatan berbuka puasa bersama anak Desa Curug Wetan, Tangerang yang bertajuk ABC – Ayo Berbuka Ceria. Kegiatan ABC berlangsung selama dua hari di dua desa yang berbeda. Pada hari Sabtu, 25 Juni 2016, kegiatan berbuka puasa diadakan di Kampung Pondok Jengkol dan pada hari Minggu, 26 Juni 2016, diadakan di Kampung Babakan. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan guna meningkatkan kesadaran warga desa akan pentingnya menjaga kesehatan melalui makanan khususnya yang akan dikonsumsi selama berbuka puasa, sekaligus menjalin silahturahmi antara mahasiswa dengan masyarakat. Selama dua hari tersebut, acara berbuka bersama dihadiri oleh lebih dari 40 mahasiswa dari berbagai universitas seperti Universitas Multimedia Nusantara, Surya University, Universitas Budi Luhur, dan juga Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Tidak kalah antusias, 50 warga desa Curug Wetan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Rangkaian kegiatan dibuka dengan perkenalan melalui permainan untuk membangun suasana kedekatan antara para kakak-kakak dan anak-anak desa. Ada beberapa permainan yang dimainkan pada saat itu yaitu kode benda, domikado, dan juga ABC 5 dasar. Permainan yang dimainkan pada saat itu terlihat sukses membangun kedekatan diantara para kakak-kakak dan juga anak-anak desa. Seusai bermain, kegiatan dilanjutkan dengan menggambar yang bertemakan “Beruang Kecil yang Sehat”.

Social Designee
Penyuluhan kesehatan yang diberikan oleh tim UMN Medical Center
Untuk membuat sesi menggambar menjadi lebih santai dan menyenangkan, panitia Social Designee menyajikan materi menggambar dengan cara story telling dan diawali dengan mengajarkan teknik menggambar bangun datar. Metode menggambar yang sederhana membuat anak-anak menjadi lebih mudah dalam mengeksplorasi imajinasi mereka untuk dituangkan diatas kertas gambarnya. Seusai menggambar, kegiatan dilanjutkan dengan kelas kesehatan oleh UMN Medical Center, lalu diakhiri dengan berbuka puasa bersama sembari bersilahturahmi dengan warga desa. Sesuai dengan visi Social Designee yakni melibatkan seluruh civitas akademika di Indonesia, salah satu dosen selaku perwakilan dari Student Development UMN, Aryo Gurmilang bersama keluarga, juga turut hadir untuk mendukung dan mengapresiasi acara ini. Menurut Aryo, kegiatan yang dilaksanakan pada hari itu merupakan sebuah bentuk kontribusi positif dari mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan hari ini. Semoga adik-adik di desa bisa memperoleh manfaat dari kegiatan ini, begitu juga dengan mahasiswa yang terlibat dalam acara.” Pungkas Aryo.
Social Designee
Aryo Gurmilang bersama keluarga turut hadir untuk mendukung acara Social Designee
Kegitan ABC juga didukung oleh CaterInc sebagai penyedia makanan sehat untuk berbuka. Selain itu, UMN Medical Center turut berperan sebagai fasilitator materi kesehatan berupa makanan 4 sehat 5 sempurna dan juga pentingnya kebersihan kepada anak-anak desa dengan mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar.   Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Ryan Sucipto Editor   : Nindya Kharisma Cahyaningtyas Inspirator Freak Twitter : @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak Web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY