Berawal Dari Iseng, Pemuda Ini Manfaatkan Cangkang Telur Menjadi Action Figure

cangkang telur
Foto: Instagram.com/lcrafttelur.id/

Kreativitas bisa datang dari siapapun, hal apapun dan kapanpun. Salah satunya adalah pemanfaatan limbah cangkang telur. Nampak tak berguna dan menjadi sampah setelah isinya digunakan, siapa sangka limbah telur ternyata bisa dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi.

Adalah Dhoni Fadliansyah Wahyu atau biasa dipanggil Dhoni, pemuda asal kota Tangerang yang memanfaatkan limbah cangkang telur menjadi kerajinan tangan berupa action figure. Berawal dari keisengannya mengisi waktu saat menunggu wisuda, Dhoni mencoba menyatukan cangkang telur pecah dengan lem lalu diwarnai secara acak. Kemudian ia bentuk karakter imaginatif dengan memberikan warna untuk mata dan pakaian.

“Saya terinspirasi dari karakter minion di film Despicable Me agar seperti karakter manusia utuh. Setelah menjadi karakter manusia itulah saya mulai membuatnya menjadi karakter karakter populer seperti karakter Marvel, DC serta anime-anime lain kemudian saya menjual itu secara online pada awal tahun 2014.” ungkapnya. Sejak saat itulah Dhoni mulai memproduksi action figure cangkang telur dan dijual secara online.

Merintis usaha di industri kerajinan tangan ternyata bukan sekadar meningkatkan penjualan tetapi kesiapan mental menjadi seorang wirausahawan. Kesiapan mental inilah yang sempat membuat Dhoni drop. Ia mengakui sempat memutuskan untuk meninggalkan wirausahanya karena teman-temannya mengambil jalan untuk menjadi karyawan.

“Saya sempat ingin menyudahi ini saja. Namun tahun 2015 saya dipanggil menjadi narasumber di salah satu stasiun televisi kabel dan itu mulai menyemangati saya lagi. Pada awal tahun saya mulai drop lagi dan memutuskan untuk mencoba melamar ke beberapa perusahaan tetapi belum diterima.” bebernya.

Dua kali drop rupanya memberinya semangat baru dan ia mulai bangkit lagi untuk melanjutkan produksi action figure cangkang telur. Dipertengahan tahun 2016, ia mulai berinovasi dengan produknya dengan berbagai pembaruan seperti kemasan dan stand holder.

“Tentu, yang membuat saya menjadi seperti ini sekarang adalah hobi saya. Terlepas sering dicemoohnya saya karena dianggap sering mengumpulkan sampah, saya tak perduli dan tetap menjalani hobi saya ini.” ujarnya.

Melalui usahanya ini Dhoni berharap bisa membuka peluang bagi orang lain yang terantuk dengan syarat yang banyak untuk mendapat pekerjaan disuatu perusahaan. Ia juga berharap para lulusan perguruan tinggi berfikir untuk menyediakan lapangan kerja bagi yang kurang beruntung dalam bidang pendidikan, bukan sebagai pencari kerja orientasinya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here