Berasal dari Pontianak, Begini Kisah Reza Abdul Jabbar Jadi Peternak Sukses di Selandia Baru

Wow, lagi-lagi ada kabar segar untuk Indonesia yang semakin membuatmu patut bangga dengan Indonesia. Pasalnya, seorang peternak asal Indonesia membawa harum nama bangsa di kancah Internasional.

Peternak yang membanggakan

Namanya Reza Abdul Jabbar, peternak asal Indonesia yang lahir di Pontianak pada 1975 silam. Pria yang dibesarkan dalam keluarga muslim ini sukses mengembangkan usahanya di Selandia Baru.

Seperti dilansir dari intisari.grid.id, almarhum ayah Reza adalah pengusaha yang bergerak di bidang farmasi, tekstil, dan konstruksi infrastruktur. Ternyata, ketertarikannya di bidang wirausaha ditularkan oleh sang ayah.

Dikutip dari laman New Zealand Herald, Reza bersama keluarganya tinggal di perkotaan, dan mereka memiliki perkebunan.

Reza pun memiliki hewan peliharaan yang ternyata masuk kategori hewan yang dilindungi, yaitu orang utan, yang sudah dia anggap saudaranya.

“Mereka seperti saudara bagi saya. Kami biasa membawa mereka ke kota dengan berpegangan tangan dan itu sangat keren,” tutur Reza.

Dia juga mengatakan Kalimantan Barat mirip Selandia Baru. “Kalimantan Barat lebih mirip salah satu kota di Selandia Baru–Auckland–dua puluh tahun silam, sehingga baik bagi saya untuk memulai usaha pertanian,” tambah Reza.

Cita-citanya sejak kecil

Pada usia tujuh tahun, Reza pernah berkata pada ayahnya bahwa dia ingin menjadi petani dan ayahnya sangat mendukung cita-citanya. Demi mengejar cita-cita itu, Reza menempuh pendidikan di Singapura, lalu melanjutkan pendidikan di Glendfield College di Auckland.

Lulus dari Glendfield College, Reza menempuh pendidikan master di Massey University. Setelah menyelesaikan gelar masternya itulah dia mendapatkan kesempatan menjadi asisten manajer di peternakan sapi perah.

Dalam hitungan bulan, Reza dipromosikan menjadi manajer pertanian pada usia cukup muda, yaitu 22 tahun.

Melanjutkan usaha bersama kekasih

Kemudian Reza bertemu Silvia–kekasihnya–dan menikah. Saat ini, Reza sudah memiliki lima anak.

Bukan hal mudah memulai usaha sebagai peternak. Pada tahap awal, Reza dan Silvia membeli 185 hektar tanah di timur laut Invercargiil pada 2007. Lebih dari seribu ekor sapi diperah setiap harinya di peternakan itu.

Walaupun kini Reza telah menjadi peternak sukses, dia masih meluangkan waktu untuk mengajar di sekolah dan organisasi.

Ketika ditanyakan alasan dan bagaimana cara dia mengatur waktu, seperti ini tanggapan Reza Abdul.

“Ya, kami sibuk, semua orang sibuk. Tapi, Anda harus memberikan sesuatu untuk orang lain. Peternakan ini memang bagus untuk bisnis dan menghasilkan uang, namun tidak ada yang lebih berharga daripada melayani orang lain,” tutur Reza.

Pesan yang selalu Reza sampaikan pada orang lain adalah, “Orang yang dipercaya adalah mereka yang memberikan pengaruh positif pada orang-orang di sekitarnya.”

Nah, kamu ingin seperti Reza Abdul? Mulai sekarang, selalu tebarkan pengaruh positif sekecil apa pun ke orang-orang di sekitarmu ya, Inspirator.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here