Berasal Dari Pohon, Begini Asal-Usul Nama Bintaro

Photo: health.detik.com

Adakah di antara Inspirator yang tinggal di daerah Bintaro? Atau kamu pernah mendengar nama daerah ini?

Bintaro punya nama lengkap Bintaro Jaya, letaknya di perbatasan Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan. Bintaro pertama kali dibangun tahun 1979 dan dikembangkan PT. Jaya Real Property. Sampai saat ini, luas daerah Bintaro sudah mencapai 1.000 hektar lho, Inspirator!

Nah, kamu sudah tahu belum, asal-usul nama Bintaro? Kenapa dinamakan Bintaro, ya?

Asal-usul nama Bintaro

Photo: satujam.com

Penamaan Bintaro¬†sebenarnya diambil dari nama kelurahan yang sudah ada sebelumnya, yaitu Kelurahan Bintaro, dan juga berasal dari nama pohon–pohon bintaro (Cerbera manghas). Diberi tambahan kata “Jaya” karena disesuaikan dengan nama perusahaan pengembang daerah ini. Sampai saat ini, daerah ini dikenal dengan nama Bintaro Jaya.

Kamu mungkin baru tahu hari ini ya, kalau ada pohon bernama “bintaro”? Nah, ada cerita “seram” tentang pohon ini.

Mengenai pohon bintaro

Photo: Plant Image

Biasanya, pohon ini digunakan sebagai peneduh kota dan sering ditanam di pinggir jalan. Kenapa? Karena pohon ini mampu menyerap karbon dioksida (CO2) denhan sangat baik.

Pohon ini memiliki buah harum, bentuknya bulat dan berwarna hijau muda, yang berubah menjadi merah kalau sudah matang. Memiliki daun hijau tua berbentuk memanjang. Sekilas, tidak ada yang aneh dari pohon ini. Kamu mungkin akan tergiur juga untuk menyantap buahnya.

Hati-hati ya, Inspirator! Jangan sembarang mengonsumsi buah pohon bintaro. Meskipun pohon ini tampak menarik, buah bintaro tidak bisa dimakan karena beracun dan dapat menyebabkan gangguan jantung. Ini karena pohon bintaro memiliki kandungan Cerberin–racun yang dapat menghambat saluran ion kalsium di otot jantung. Selain itu, bekas luka yang terkena getah pohon bintaro dapat menyebabkan kelumpuhan. Hiii, ngeri! Jangan sembarangan mengonsumsi buah yang belum kamu tahu kandungannya ya, Inspirator.

Nah, itu asal-usul nama daerah Bintaro. Unik, ya?

Selain pohon bintaro, ada lho, bunga-bunga cantik tapi mematikan yang disebut-sebut sebagai tanaman paling berbahaya di dunia. Apa saja? Cari tahu di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here