Belajar Sukses dari Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak

Zaman sekarang, transaksi jual-beli mengalami transformasi pesat. Kalau kamu butuh sesuatu dan tidak ingin capek pergi ke pasar atau mal, atau untuk menghindari kemacetan, kamu bisa mencari barang yang kamu suka dan inginkan di marketplace yang saat ini meramaikan peta perdagangan barang konsumsi di Indonesia. Tinggal buka ponsel, pilih aplikasi belanja favoritmu, pilih barang yang kamu inginkan, lalu bayar dengan sistem pembayaran sesuai keinginanmu. Tunggu beberapa waktu, barang yang kamu pesan diantarkan kurir langsung ke alamatmu.

Instagram/achmadzaky

Salah satu marketplace berstatus unicorn di Indonesia adalah Bukalapak. Kamu pasti tahu Bukalapak, kan? Bukan hanya menjadi pembeli, kamu juga bisa berjualan di sana.

Apa kamu juga tahu siapa pendiri Bukalapak? Benar, Achmad Zaky. Usahanya mendirikan Bukalapak hingga sebesar saat ini tidak semudah membalikkan telapak tangan lho, Inspirator, butuh kegigihan dan kerja keras. Achmad Zaky menyenangi dunia komputer sejak dia SD. Ketika itu Zaky dibelikan buku-buku komputer oleh pamannya, sehingga dia menyukai ilmu komputer. Ketija SMA, dia menjuarai Olimpiade Sains Nasional.

Setelah lulus SMA, Achmad Zaky melanjutkan kuliahnya di ITB dan mengambil jurusan Teknik Informatika. Lagi-lagi, Zaky menang dalam kompetisi perkomputeran.

Achmad Zaky pernah meraih juara II kompetisi Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007. Dia membuat software (perangkat lunak) MobiSurveyor yang digunakan untuk perhitungan cepat survei pemilihan umum. Achmad Zaky juga pernah meraih Merit Award di kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) pada 2008.

Prestasinya yang gemilang di bidang pendidikan, mengantarkan Achmad Zaky meraih beasiswa studi ke Oregon State University dari pemerintah Amerika Serikat. Pendidikan itu berjalan selama dua bulan.

Instagram/achmadzaky

Kondisi yang menginspirasi Achmad Zaky

Seperti dikutip dari detik.com, Zaky mengaku dia sebenarnya “nggak pinter-pinter banget“, tapi dia bergaul dengan teman “mahapintar” yang sekarang menjadi mitranya di Bukalapak. Bukalapak didirikan berangkat dari kegalauan Zaky melihat tetangganya banyak yang membangun usaha membuat produk, tapi pemasaran mereka kurang bagus. Melihat situasi ini, Zaky berpikir untuk memajukan UMKM dan berdirilah Bukalapak.

Instagram/achmadzaky

Dari kisah singkat ini, Inspirator bisa memetik inspirasi untuk menciptakan sesuatu yang memberikan solusi untuk permasalahan di lingkunganmu. Kepekaanmu bisa saja menjadi awal kamu meraih kesuksesan seperti Achmad Zaky. Usaha yang berawal dari niat mulia untuk memuliakan orang lain pasti didukung Semesta lho, Inspirator.

Siapa lagi putra Indonesia yang sukses mengantarkan startup-nya hingga berstatus unicorn? Baca perjalanan sukses Nadiem Makarim dan William Tanuwijaya.

Siapa dari mereka yang membuat kamu terinspirasi hari ini, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here