Kelas Negarawan Muda
Kelas Negarawan Muda, salah satu gerakan dari Komunitas Turun Tangan

Politik kerap kali dikaitkan dengan orang tua dan terkesan kuno. Bahkan beban bagi anak muda yang tiap kali melihat isu politik yang terlalu bertele-tele. Untuk mengesampingkan opini tersebut, Komunitas Turun Tangan membuat project bernama Kelas Negarawan Muda (KNM) yang terbentuk seperti komunitas di dalam komunitas.

Kelas Negarawan Muda menjadi landasan lahirnya generasi Indonesia yang berjiwa dan berperilaku negarawan. Berjalannya komunitas ini untuk menciptakan wadah menumbuhkan jiwa negarawan, memberikan edukasi politik, dan kewarganegarawan melalui cara yang inovatif dan aplikatif, serta mendorong pemuda Indonesia untuk bersinergi dan terlibat aktif dalam kegiatan politik.

kelas negarawan muda
Foto: Dokumentasi pribadi

Latar belakang para anggotanya pun beraneka macam. Ada yang mahasiswa baru hingga S2, pekerja, bahkan ada juga anggotanya yang lolos beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) karena menjadikan komunitas ini sebagai bahan untuk meraih beasiswa tersebut.

Komunitas ini terdiri dari beberapa divisi, di antaranya Divisi Kurikulum yang bertugas melakukan workshop relawan, bedah buku, rabu KNM, bedah film, dan olimpiade guru. Divisi Humas yang bertugas melakukan database dan maping komunitas/instansi, menjalin dan menjaring relasi. Divisi Multimedia yang bertugas melakukan kultwit relawan, tokoh negarawan, proposal compro, video compro, website, dan video open recruitment (oprec). Terakhir Divisi Manajemen Sumber Daya Relawan (MSDR) yang bertugas melakukan oprec, gathering relawan, trip relawan, capacity building, dan makrab.

Inspirator tahu gak sih, kalau selama ini olimpiade yang beredar hanya tentang cerdas cermat, matematika, dan sebagainya. Belum lama ini, Kelas Negarawan Muda membuat Olimpiade Kewarganegaraan tingkat Sekolah Menengah Atas. Unik bukan? Olimpiade ini disambut baik oleh sekolah-sekolah yang ada di Jakarta.

kelas negarawan muda
Tim KNM sedang memaparkan materi di salah satu SMA daerah Jakarta | Foto: Dokumentasi pribadi

Sudah lebih kurang selama satu tahun, KNM melakukan kerja sama dengan SMA Labschool Kebayoran untuk mata pelajaran Kewarganegaraan. Jadi saat jam pelajaran Kewarganegaraan, anggota KNM inilah yang mengisi materinya sesuai dengan kurikulum yang berjalan.

Di setiap pertemuan, KNM menghadirkan pembicara yang sesuai dengan materi saat itu. Seperti halnya, mendatangkan perwakilan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yang mengajarkan siswa untuk membuat Surat Pembaca. Para siswa juga pernah diajarkan bagaimana demokrasi yang baik, cara membuat film pendek tentang demokrasi yang ada di sekitar mereka.

kelas negarawan muda
Foto: Dokumentasi pribadi

Gerakan dari komunitas ini yaitu untuk menumbuhkan jiwa para pemuda sadar politik. Dengan tagline #BelajarPolitikItuAsikLho!

 

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis: Indah Nurwijayanti

Editor  : Siti Ayu Handayani

Inspirator Freak

SHARE
Previous articleSHARE Scholarship, Program Beasiswa Satu Semester Kerjasama ASEAN- Uni Eropa
Next articleV1MAST, Kenalkan Musik Indonesia Melalui Genre World Music

LEAVE A REPLY