Cover Single Jakarta Ramai

Penyanyi                     : Maudy Ayunda Judul Lagu                  : Jakarta Ramai Album                         : Jakarta Ramai (Single) Label                           : Trinity Optima Publishing Tanggal Release          : 06 Januari 2016 Durasi                          : 4:23 Hai Inspirator!, mungkin bila kita mendengar lagu cinta sudah sangat biasa karena sudah banyak beredar di dalam industri musik kita saat ini. Namun, lagu yang menyuguhkan filosofi kehidupan? masih cukup sedikit. Tanggal 06 Januari 2016, artis muda Maudy Ayunda merilis sebuah single berjudul Jakarta Ramai. Lagu ini terdengar sangat manis dilantunkan oleh Maudy dengan iringan musik yang pas dan lirik yang dalam. Dan single kali ini begitu spesial untuk Maudy karena ini adalah lagu pertamanya yang menjadi single. Lagu ini sendiri diakui Maudy memang terinspirasi dari lamunan di tengah keramaian ibukota Jakarta yang memang dijadikan background dalam lagu ini. Namun, makna lagu ini lebih dari itu, lagu ini sebenarnya penuh dengan pertanyaan-pertanyaan filosofis tentang hidup yang mungkin ada di dalam benak setiap orang. Berikut adalah lirik lagu Jakarta Ramai: Pagi memanggil kota yang lelap ini Dia bertanya bagaimana hari mu Apa kabar mimpi-mimpi mu Apa kau tinggal begitu saja Apa kabar angan-angan mu Hari ini   Jakarta ramai Hati ku sepi Jangan kau tanya Mengapa sedih   Ku tak tahu, ku tak tahu Apa arti resah ini Entah apa yang ku mau Penuh tanya dalam diri Jakarta ramai Senja menyambut kota yang lelah ini Dan dia bertanya bagaimana hari mu   Apa kata hati kecilmu Mengapa tak kau ikuti saja Apa isi dari benak mu   Hari ini Jakarta ramai Hati ku sepi Jangan kau tanya Mengapa sedih   Aku tak tahu, aku tak tahu Apa arti resah ini Entah apa yang ku mau Penuh tanya dalam diri Jakarta ramai   Langitnya abu, hati ku biru Banyak hal baru tapi ku lesu   Jelaskanlah, jelaskanlah Apa arti resah ini Entah apa yang ku mau Penuh tanya dalam diri Jakarta ramai Contributor Comment:  Ini adalah salah satu lagu teranyar dari Maudy Ayunda. Karena lagu ini memang menceritakan tentang realitas yang ada. Realitas yang kita semua pernah alami. Setiap orang pasti pernah mengalami kehilangan arah dalam hidupnya. Bahasa kerennya terasa terombang-ambing di dalam kehidupan. Maudy sendiri mengatakan saat membuat lagu ini dia merasa kehilangan passion. Dan itu adalah hal yang wajar dalam proses menemukan jati diri kita sendiri. Terkadang rutinitas yang kita lakukan sehari-hari membuat kita terlalu lelah untuk memikirkan mimpi-mimpi kita. Terlalu lelah untuk memikirkan angan-angan kita. Kita membiarkan mimpi dan angan-angan kita berlalu seiring dengan berjalanya waktu.

Who Am I? Merupakan Pertanyaan Tersulit dalam Menjalani Kehidupan | Sumber: freelapusa.com
Namun lagu ini mencoba mengingatkan kembali mimpi kita. Untuk mencoba mengisi sesuatu yang “kosong” di dalam diri kita. Walaupun sebenarnya kita tidak tahu apa yang kita mau. Karena kita tidak mengenal diri kita secara mendalam. Dari lagu ini kita belajar untuk menjabarkan tujuan hidup kedepannya. Menyusun rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Merefleksikan sekaligus memprediksikan tantangan yang telah diselesaikan atau tantangan yang akan datang. Semuanya harus dilakukan secara merinci.
Ilustrasi | Sumber: virtualsocialmedia.com
Begitu susah untuk menentukan tujuan yang kita mau. Atau mungkin saat kita sudah mempunyai tujuan, kita tidak membuat rencana yang matang. Rencana yang dapat dilakukan untuk merealisasikan tujuan kita dapat diibaratkan sebagai sebuah tangga. Kita tidak akan bisa “naik” apabila tidak ada tangga atau mungkin pondasi tangga yang rapuh dapat membahayakan diri kita sendiri. Itu hanya salah satu contoh kecil bagaimana kita terkadang tidak mengenal diri sendiri secara mendalam. Contoh lain, saat ini,  banyak orang kesusahan apabila ada pertanyaan, deskripsikan diri anda. Terlalu bingung untuk merangkai kalimat yang menggambarkan diri kita sendiri. Belajar untuk mengenal diri sendiri tidak mudah namun juga tidak sulit. Salah satu hal yang dapat kita lakukan ditulis dalam lagu ini yaitu, Apa kata hati kecilmu Mengapa tak kau ikuti saja? Ya, ikuti kata hati kecil kalian. As simple like that. Semua pertanyaan dari lagu ini sebenarnya terjawab dari dua kalimat tersebut. Terkadang kita terlalu dibuat pusing oleh kehidupan yang penuh dengan berbagai masalah yang tidak terduga. Berbagai rintangan yang ada di depan mata. Atau pilihan-pilihan hidup yang tidak ada ujungnya. Yang terkadang kita lupa untuk mendengarkan kata hati kecil kita sendiri. Nah, itu dia hal yang bisa kita dapat saat mendengar lagu ini. Lagu ini memang terasa “misterius” dan susah untuk ditebak maksudnya. Tapi yang pasti lagu berisi beberapa nilai-nilai penting.

  1. Fokus kepada mimpi kita. Jangan terlena dengan apa yang sudah kita dapat.  Atau jangan cepat berputus asa untuk mencapai apa yang kita ingin capai.
  2. Refleksi diri kita sendiri. Lagu ini “menuntun” kita untuk menemukan passion dalam diri kita. Dengan terus mempunyai rasa ingin tahu dan juga semangat untuk mempelajari hal baru.
  3. Percaya diri. Dengan mendengarkan hati kecil kita sendiri. Kita dapat menjawab berbagai pertanyaan hidup yang mungkin sulit untuk kita jawab.

Inspirator! semoga kalian mulai belajar mengenali diri kalian dan tentu saja tetap fokus terhadap mimpi dan juga terus bersemangat menjalani hari-hari kalian ya! Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis: Noviyanti Editor: Dylan Aprialdo Rachman Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY