BeKraf Dan Kreavi Jalin Kerjasama Pengembangan Ekonomi Kreatif Dengan Perancis

ekonomi kreatif
Foto: Bekraf.go.id

Pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia tak main-main. Setelah Presiden Jokowi secara langsung mengajak para konglomerat Korea Selatan berinvestasi di industri kreatif, kini Pemerintah RI melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjalin kerjasama dengan Perancis.

Bekraf menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pusat Nasional Perfilman dan Animasi Perancis (CNC) dalam pengembangan sektor ekonomi kreatif, khususnya subsektor perfilman antara Indonesia dan Perancis.

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani oleh Triawan Munaf (Kepala Bekraf) dan Jean-Charles Berthonnet (Duta Besar Perancis untuk Republik Indonesia) dan disaksikan oleh Presiden Perancis Francois Hollande.

Seperti diberitakan Kompas.com, Triawan Munaf mengatakan, perkembangan industri perfilman nasional dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan potensi besar.

“Dari industri ini diharapkan menjadi salah satu penggerak perekonomian Indonesia, dan juga sekaligus agar industri perfilman dapat menjadi lokomotif bagi subsektor ekonomi kreatif yang lainnya,” ujar Triawan.

Sementara itu salah satu dari tiga poin utama perjanjian kerjasama adalah kemitraan antara inkubator start-up Perancis La Gaite’ Lyrique dan inkubator start-up Indonesia Kreavi. Dilansir dari akun Instagram Kreavi, melalui kerjasama ini, Kreavi dan La Gaite’ Lyrique berkomitmen untuk berkolaborasi dalam mempromosikan budaya dan industri kreatif Indonesia dan Perancis.

Kerjasama ini juga bertujuan untuk menguatkan kolaborasi keduanya yang akan diterapkan dalam tiga poin. Pertama, pertukaran promosi, produksi, dan distribusi hasil karya seni antara seniman Indonesia dan Perancis.

Poin kedua adalah pertukaran ilmu pengetahuan dan jejaring antar ekosistem kreatif Indonesia dengan Perancis. Ketiga, pelaksanaan program pelatihan, seminar, eksibisi, konferensi oleh Kreavi dan  La Gaite’ Lyrique di Paris maupun Jakarta.

Kolaborasi ini dihrapakan menjadi batu loncatan bagi Indonesia untuk mewujudkan visinya sebagai pusat industri kreatif dunia.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here