Bekraf Buka Pendaftaran Program Akatara 2018 Untuk Insan Perfilman

Foto: Wikipedia Indonesia

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menggelar forum pembiayaan film Indonesia atau program Akatara, yang digelar pada 18-20 September 2018 di Jakarta. Program Akatara keempat ini akan memilih 50 proposal produksi film dan nonproduksi film untuk dipertemukan dengan calon investor atau produser.

“Dalam hal ini kami mengundang para film maker untuk segera mendaftar program ini karena nantinya akan dipilih sekitar 50 proposal film untuk mengikuti Akatara 2018,” ujar Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, Selasa (3/7).

Fadjar Hutomo menambahkan, “Harapan kami, lebih banyak investor hadir dan film makers yang mendapat dukungan investor tahun ini.”

Bekraf membuka pendaftaran bagi pembuat film Indonesia sekaligus investor melalui portal http://akatara.id. Nantinya, pembuat film yang terpilih berkesempatan mempresentasikan dan melakukan speed dating dengan calon investor yang tertarik mendanai proyek film mereka.

Foto: Wikipedia Indonesia

Proposal produksi film yang dikurasi yaitu yang berdurasi panjang dan pendek untuk genre fiksi, dokumenter, dan animasi. Sedangkan proposal nonproduksi film yang dikurasi adalah ekosistem perfilman, misalnya content channel, kursus film, dan exhibition.

Sekilas tentang program Akatara

Akatara adalah Indonesia Film Financing Forum yang diusung Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Perfilman Indonesia (BPI). Program ini bertujuan membantu pembuat film mendapatkan pendanaan dalam memproduksi film.

Foto: Jane Aprilyani/KONTAN

Sebagai informasi, program Akatara 2017 berhasil menyeleksi 40 proposal film yang dipertemukan dengan 20 calon investor. Hasilnya, ada kesepakatan dalam bentuk komitmen investasi pada 10 proyek film.

“Saat ini proyek-proyek tersebut masih berlangsung, salah satunya adalah film dengan judul Keluarga Cemara. Oleh karena itu, kami sangat berharap dalam program Akatara 2018 akan ada lebih banyak investor yang hadir untuk memberi dukungan kepada film maker,” ujar Fadjar.

Untuk itu, Bekraf mengundang pembuat film Indonesia sekaligus investor untuk mendaftar secara online di http://akatara.id. Pendaftaran ditutup pada 20 Juli 2018.

Bagi Inspirator yang menekuni bidang perfilman dan pertelevisian, program Akatara yang diusung Bekraf dan BPI ini menjadi peluang berlian yang sangat sayang untuk dilewatkan. Ayo, segera siapkan proposal film terbaikmu. Siapa tahu filmmu mendapatkan pendanaan, lalu tidak lama kemudian terwujud dalam bentuk audio visual. Buat film yang bisa menginspirasi sebanyak-banyaknya orang, ya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here