Perkuat Industri Film Nasional, Bekraf Rencanakan Penambahan Layar Bioskop Tanah Air

Bekraf Akselerasi Penambahan Layar Bioskop Tanah Air
Ilustrasi: Kompasiana

Sebagai salah satu dari 16 subsektor ekonomi kreatif di Indonesia, industri film nasional mendapatkan perhatian serius dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) salah satunya dengan meningkatkan jumlah layar bioskop di tanah air.

Mengutip dari Kompas.com, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) tengah berupaya mengakselerasi industri kreatif dalam negeri, dengan menambahkan layar bioskop hingga 3.000 hingga 5.000 layar bioskop di seluruh Indonesia.

Menurut Kepala Bekraf Triawan Munaf  dengan penambahan tersebut dihatapkan akan berimbas pada pningkatan jumlah penonton hingga kontribusi industri film terhadap Gross Domestic Product (GDP) nasional yang saat ini belum ada satu persen.

“Untuk menarik jumlah penonton, tentu jumlah layar bioskopnya juga harus ditambah. Contohnya film Warkop DKI Reborn. Film ini sebenarnya punya nilai komersial, tetapi penontonnya tidak sampai tujuh juta karena terbatasnya jumah layar bioskop,” kata Kepala Bekraf Triawan Munaf seperti dilansir dari Kompas.com

Menurutnya jumlah bioskop di Indonesia baru ada 1.200 layar bioskop. Oleh karena itu Bekraf menilai penambahan layar bioskop menjadi hal yang penting, khususnya di daerah-daerah yang belum memiliki bioskop. Saat ini Bekraf telah membuka Daftar Negatif Investasi (DNI) yang nantinya investor luar dapat berinvestasi 100 persen di industri perfilman nasional.

“Saat ini juga sedang dikaji oleh BKPM supaya industri film di Indonesia bisa dapat insentif pajak dari pemerintah. Lewat cara ini mudah-mudahan industri film indonesia akan lebih maju,” ungkapnya.

Sebagai persembahan Bekraf untuk masyarakat, beberapa waktu lalu Bekraf telah membangun bioskop temporer di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Walau bioskop yang dihadirkan sifatnya belum permanen dan dibangun di atas laut.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Editor : Dylan Aprialdo Rachman

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here