Asal-Usul Perayaan Waisak yang Dirayakan Umat Budha–Kamu Sudah Tahu Belum?

Photo: Pustaka Dhamma

Perayaan Waisak 2018 tahun ini dilaksanakan pada 29 Mei 2018 dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Waisak merupakan Hari Raya penting bagi umat Budha yang biasanya jatuh pada bulan Mei atau Juni di kalender Masehi.

Inspirator sudah tahu belum, kalau kata Waisak berasal dari bahasa Pali “Vesakha“–salah satu nama bulan dalam kalender agama Budha–atau dalam bahasa Sansekerta “Vaisakha“, yang seiring berjalannya waktu disebut “Waisak”.

Hari Raya Waisak memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Siddharta Gautama–guru spiritual yang menjadi panutan umat Budha–sehingga sering disebut Trisuci Waisak. Apa saja tiga peristiwa itu? Yuk, kita simak asal-usul Hari Raya Waisak berikut ini!

1. Peristiwa kelahiran Pangeran Siddharta

Peristiwa penting pertama yang dikenang saat Waisak adalah kelahiran Siddharta Gautama di kota bernama Lumbini (sekarang di Nepal) pada tahun 563 SM (Wikipedia). Pangeran Siddharta lahir di keluarga kerajaan sebagai pangeran dan kehidupannya dikelilingi kemewahan karena ayahnya Raja Suddhodana dari Kapilavastu.

Di tengah kemewahan yang menyelimutinya, Pangeran Siddharta sering melihat kesengsaraan yang dialami rakyat bawah. Sejak itu, dia memutuskan menjadi pertapa dan meninggalkan kehidupan mewahnya.

2. Peristiwa Siddharta menjadi Budha di Bodhigaya

Pada usia 29 tahun, Pangeran Siddharta memutuskan meninggalkan keluarganya dan segala kemewahan duniawi untuk bertapa dan berjanji tidak akan berhenti sampai dia menemukan kebenaran. Dia mengucapkan janjinya di bawah pohon bodhi, pohon pencerahan menurut kepercayaan umat Budha. Di bawah pohon bodhi inilah Pertapa Gautama mencapai Pencerahan Sempurna (Budha) pada usia 35 tahun.

Photo: pegipegi.com

3. Wafatnya Budha Gautama

Perayaan Waisak juga memperingati peristiwa wafatnya (mencapai Parinibbana) Budha Gautama di Kusinagara pada usia 80 tahun.

Nah, tiga peristiwa itulah yang diperingati pada Hari Raya Waisak. Selamat memperingati Hari Raya Waisak bagi Inspirator yang merayakan!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here