Begini Caranya Mengubah Hobi Menjadi Profesi

Photo: OretOret.Com

Mungkin kamu berpikir bahwa hobi sekadar aktivitas untuk bersenang-senang di waktu senggang. Memang sih, melakukan hobi bisa membuatmu lebih bahagia sekaligus menyalurkan potensi dalam diri. Lantas, kalau kamu senang menghabiskan waktu untuk melakukan hobi, apakah kamu pernah terpikir untuk menekuninya menjadi profesi?

Kalau ya, ini saatnya kamu ikuti cara ini supaya hobimu bisa disulap menjadi uang.

1. Tekuni terus sampai menjadi ahli

Photo: Klikkabar.com

Ridwan Kamil hobi mendesain, dan dia menyenangi pekerjaannya sebagai arsitek. Dia juga senang memotret untuk mencari inspirasi baru. Hingga hari ini, dia masih menjalankan profesinya dan hobinya bersamaan.

Kalau selama ini kamu menjalani hobi sekadar untuk menyalurkan hasrat terpendam dan mengisi waktu luang, sekarang berikan porsi waktu lebih banyak untuk hobimu. Tekuni sampai kamu diakui dan mulailah bersikap profesional. Perbanyak membaca buku, ikut workshop, dan belajar dari orang lain supaya kamu semakin ahli.

2. Pelajari pengalaman orang lain

Photo: fortune.com

Tidak apa kalau sekarang kamu masih newbie yang baru akan menekuni hobi menjadi profesi. Semua profesional saat ini awalnya juga newbie. Nah, kalau kamu masih pemula, pelajari pola sukses orang-orang yang sudah lebih dulu sukses dengan hobinya. Jadikan kegagalan orang itu di masa lalu sebagai pembelajaran untukmu.

3. Ikuti komunitas yang mendukung

Photo: mldspot.com

Kamu pasti tidak sendirian dalam hobimu. Pasti ada juga orang lain yang dengan hobi serupa dan ketertarikan yang sama; inilah yang memunculkan komunitas-komunitas. Tentu ini bisa menjadi ajang saling kenal dan bertukar wawasan. Bahkan, kamu bisa mendapatkan tawaran pekerjaan dari anggota komunitas lain. Mulailah untuk bersosialisasi dan jangan menutup diri ya, Inspirator!

Baca juga 5 Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Fotografi.

4. Manfaatkan media sosial

Photo: measuringu.com

Ketiga cara di atas tidak akan memberikan hasil maksimal kalau kamu tidak memanfaatkan media sosial sebagai ajang unjuk karya dan kemampuan. Tidak ada yang tahu tentang karya yang kamu hasilkan. Kehadiran media sosial mempermudah kamu untuk “memasarkan” kemampuan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan respons dari teman-teman lain. Kalau ada kritik, bisa jadi bahan untuk meningkatkan kualitasmu.

Selalu ada peluang untuk menjadikan hobi sebagai profesi yang menguntungkan. Dijamin deh, kamu akan merasa lebih bersemangat dan tidak mudah bosan. Kelak, kamu akan jadi orang yang menginspirasi karena mengubah hobimu menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sudah siap, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here