Beasiswa LPDP 2018 Resmi Dibuka. Buruan Siapkan Persyaratannya!

Sumber: jatim.tribunnews.com

Berencana melanjutkan studi dengan beasiswa? Inspirator bisa coba mendaftar di beasiswa LPDP, lho!

LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan) bertugas untuk mengelola dana pendidikan, dan hasil pengelolaannya akan disalurkan dalam berbagai bentuk program pendidikan, salah satunya beasiswa pendidikan.

Siap-siap, ada 4.000 kuota yang disiapkan

Tahun ini beasiswa LPDP dibuka kembali dengan program pendidikan magister (S2) dan doktoral (S3). Ada kuota 4.000 kursi yang disediakan, lho. Kamu bisa memilih mau melanjutkan pendidikan di dalam ataupun luar negeri. Untuk dana perkuliahan sampai biaya hidup akan ditanggung LPDP.

Tertarik untuk mencoba? Perhatikan syaratnya ya, Inspirator!

Syarat administrasi yang harus disiapkan

1. Memiliki Surat Keterangan berbadan sehat dan bebas dari narkoba

Berlaku untuk semua pendaftar BPI (Beasiswa Pendidikan Indonesia) dan surat keterangan bebas TBC (hanya untuk pendaftar beasiswa tujuan luar negeri).

2. Surat rekomendasi

Untuk yang belum bekerja bisa mendapatkannya dari tokoh masyarakat, atau rekomendasi dari atasan bagi yang bekerja.

3. Bersedia menandatangai surat pernyataan

Pendaftar harus bersedia kembali ke Indonesia setelah studi selesai.

4. Batas usia

Usia maksimal 35 tahun untuk Program Magister dan 40 tahun untuk Doktoral.

5. Lampirkan transkrip nilai

IPK dari jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3.0 (Program Magister) dan 3.25 (Program Doktoral).

6. Persiapkan TOAFL dan IELTS untuk program magister

Pendaftar beasiswa LPDP untuk program magister dalam negeri harus memiliki IELTS 6.0 atau atau TOAFL 500, sedangkan pendaftar magister luar negeri harus memiliki IELTS 6.5 atau TOAFL 550.

7. Persiapkan TOAFL dan IELTS untuk program doktoral

Pendaftar program doktoral dalam negeri harus memiliki IELTS 60 atau atau TOAFL 530, sedangkan pendaftar beasiswa LPDP untuk program doktoral luar negeri harus memiliki IELTS 7.0 atau TOAFL 550.

8. Wajib menyelesaikan studi sesuai waktu yang ditetapkan

Penerima beasiswa wajib menyelesaikan masa studi mereka paling lama 24 bulan. Apabila menyelesaikan studi lebih dari 24 bulan maka harus mendapatkan izin tertulis dari LPDP dan pendanaan beasiswa ditanggung penerima beasiswa.

9. Tidak harus punya LoA

Pendaftar tidak harus memiliki LoA Unconditional–surat tanda terima perguruan tinggi tanpa syarat–saat mendaftar beasiswa LPDP.

Sebagai catatan, pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi di 2018 ini akan memulai perkuliahan di 2019 dan tidak ada pilihan untuk pindah perguruan tinggi.

Nah, mulai dari sekarang, segera lengkapi berkas administrasi yang dibutuhkan ya, Inspirator! Untuk pendaftaran dan submit dokumen beasiswa LPDP tujuan dalam negeri akan dimulai tanggal 7 Mei 2018 mendatang. Sedangkan pendaftaran dan submit dokumen beasiswa LPDP tujuan luar negeri bisa dilakukan pada 2 Juli 2018 melalui laman resminya di sini.

Karena beasiswa LPDP ini hanya diperuntukkan untuk yang ingin melanjutkan S2 dan S3, Inspirator yang baru lulus SMA juga bisa cek informasi beasiswa S1 di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here