Bau Mulut Kamu Mulai Mengganggu? Yuk, Basmi Dengan Cara Alami

Bau mulut atau napas berbau tidak sedap bukan hanya dialami orang yang sedang berpuasa, semua orang bisa mengalaminya. Kondisi ini rentan membuat seseorang menjadi minder, sehingga dia malu bergaul atau dikucilkan dari pergaulan. Jika bau mulutmu sangat parah, sebaiknya kamu segera periksakan ke dokter gigi. Tetapi, kalau terjadi hanya kadang-kadang tapi berulang sekian lama sekali, bau mulut yang timbul bisa lho, dibasmi dengan cara dan bahan alami.

Apa saja langkah yang bisa kamu tempuh?

Gunakan penyegar mulut dan pengharum napas dari bahan alami

Baking soda (soda kue) bisa menjadi penyegar mulut alami yang mudah dibuat. Larutkan sesendok teh baking soda dalam segelas air, lalu gunakan untuk berkumur. Atau celupkan sikat gigimu yang sudah dibasahi lebih dulu ke serbuk soda kue dan gunakan untuk membersihkan gigimu.

Photo credit: https://www.amazon.com/Arm-Hammer-Baking-Soda-Ounce/dp/B0029JTUBA

Minum paling sedikit dua liter air sehari
Selain bagus untuk membuat tubuhmu secara keseluruhan tetap terhidrasi, minum air dalam jumlah cukup banyak bisa mengurangi napas bau, yang bisa terjadi karena kurangnya kelembapan dan liur di mulut. Liur manusia mencegah pertumbuhan bakteri, dan air dibutuhkan supaya kelenjar liur bisa bekerja secara efektif.

Photo credit: Google Internet

Hindari minum jus bergula pada malam hari karena minuman ini bisa membantu pembentukan bakteri sepanjang malam.

Perhatikan apa yang kamu makan

Beberapa makanan seperti bawang merah dan putih terkenal sebagai biang keladi bau mulut. Kurangi mengonsumsi dua bumbu dapur ini jika kamu ingin napasmu tidak berbau.

Photo credit: Google Internet

Jangan pula menghindarinya sama sekali ya, Inspirator, karena bawang putih diduga bisa membunuh empat jenis bakteri penyebab pembusukan gigi dan penyakit gusi.

Photo: nakita.grid.id

Hindari atau kurangi makanan tinggi fruktosa atau makanan dengan keasaman tinggi karena dua jenis makanan ini mendukung pertumbuhan bakteri. Ganti camilanmu dengan apel atau yogurt; mikroorganisma di yogurt bisa membantu mengurangi jumlah bakteri di mulut, sedangkan apel bisa membantu memutihkan gigi.

Jangan merokok

Photo credit: Google Internet

Ini sudah jelas banget ya, Inspirator. Selain merusak paru-paru, membuat kulitmu kusam, membuat gigi dan kukumu kuning, merokok juga pastinya membuat napasmu berbau tidak sedap.

Bersihkan lidah secara teratur

Photo credit: Ilustrasi wanita membersihkan lidah

Lidah bisa menjadi tempat subur bagi perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut. Setiap kali kamu selesai menggosok gigi, jangan lupa sikat lidahmu juga. Dengan lembut ya, jangan sampai lidahmu luka.

Bagaimana, Inspirator? Langkah-langkah di atas mudah, bukan? Yang penting kamu melakukan secara rutin dan disiplin, hasilnya pasti kelihatan dalam waktu tidak terlalu lama.

Kamu mulai ubanan padahal umurmu baru dua puluhan? Jangan-jangan ada gangguan kesehatan pada tubuhmu. Coba cari tahu di sini. Kalau ubanmu membuatmu tidak percaya diri, InspiratorFreak punya kok, cara basmi uban secara alami.

(Dari berbagai sumber)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here