Jangan Ngaku Gaul Kalau Belum Punya Batik Kekinian Ini!

JAKARTA, INDONESIA - NOVEMBER 08: Models showcase designs on the runway by Dee Ong during the Batik 118 show on the second day of Jakarta Fashion Week 2010 at Pacific Place on November 8, 2010 in Jakarta, Indonesia. (Photo by Ulet Ifansasti/Getty Images for Jakarta Fashion Week)

Batik menjadi salah satu warisan dunia yang mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Batik dinobatkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional untuk mengingatkan kita bahwa batik merupakan kain warisan dunia yang harus dilestarikan.

Saat ini, batik banyak mengalami modifikasi karena tuntutan zaman, seperti dalam hal warna dan modelnya. Teknik yang digunakan dalam pembuatan batik semakin bervariasi, warna yang digunakan pun semakin kaya, sehingga kain batik dijadikan bahan untuk membuat berbagai model baju. Dampaknya, batik bukan hanya dipakai untuk kegiatan formal, melainkan juga dalam kehidupan sehari-hari. Pemakai batik pun bukan hanya orang tua, anak muda sudah banyak yang menggunakannya. Jika kamu penggemar batik, berikut ini beberapa online shop yang menjual pakaian batik kekinian.

  1. Sejauh Mata Memandang

    https://www.instagram.com/sejauh_mata_memandang/

    Sejauh Mata Memandang menawarkan berbagai motif kain batik kekinian dan bekerja sama dengan pengrajin kain di Sumba, Bali, dan Jawa. Chitra Soebijakto selaku creative director  berhasil menampilkan kain batik yang terlihat segar dan memiliki jiwa. Sejauh Mata Memandang berpendapat bahwa setiap motif batik memiliki cerita tersendiri dan dibuat pengrajinnya dengan penuh cinta.

  2. Bateeq

    Foto: https://www.instagram.com/bateeqshop/

    Bateeq menimbulkan kesan sebagai online shop yang hangat dari segi desain produk dan tampilan sosial medianya. Sang creative director, Michelle Tjokrosaputro, menciptakan produk beragam yang cocok untuk segala acara dan pas dipakai konsumen dari semua rentang usia. Walaupun begitu, gaya yang ditawarkan oleh tiap busananya tetap terlihat trendi.

  3. Parang Kencana

    Foto: https://www.instagram.com/parangkencana/

    Parang Kencana didirikan Mariana Sutandi. Motif, warna, dan bahan yang dipilih untuk produknya terlihat elegan, membuat siapa pun yang memakainya terlihat a la mode. Parang Kencana mengemas produknya sebagai batik kekinian yang fresh dan cocok untuk anak muda.

  4. Hello Batik

    Foto: https://www.instagram.com/hello.batik/

    Hello Batik menjual berbagai produk batik dengan motif dan model beragam. Dengan berbagai model, warna, dan motif, batik yang diciptakan dapat dipakai orang tua hingga anak muda. Seluruh motifnya terlihat cantik dan ada berbagai outfit yang bisa dipilih untuk berbagai aktivitas.

Apakah kamu jadi tertarik untuk mengoleksi batik, Inspirator?

Baca juga : Eco Batik Indonesia

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here