Bangga! TNI-AD Kembali Juara Umum di Lomba Tembak Internasional

TNI-AD
Foto: Korem045-garudajaya.mil.id

Membanggakan! Itulah kiranya yang dirasakan Inspirator ketika mendengar kabar TNI Angkatan Darat (AD) kembali menorehkan prestasi gemilang di pentas internasional. TNI AD menjadi juara umum lomba tembak antarangkatan darat dengan meraih 28 medali emas, 6 medali perak, dan 5 medali perunggu. Wow!

Prestasi ini didapatkan dalam Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) yang digelar Royal Australian Army. Perlombaan itu berlangsung dari tanggal 5 – 26 Mei 2017 di Puckapunyal Military Range, Victoria, Australia. Dalam lomba yang diikuti 20 negara tersebut, TNI-AD menjadi juara umum di berbagai materi lomba tembak, baik beregu maupun perorangan.

Posisi kedua ditempati angkatan darat tuan rumah dengan perolehan 14 medali emas, 16 medali perak, dan 16 medali perunggu. Di posisi ketiga diraih oleh Angkatan Darat Jepang dengan 10 medali emas, 7 medali perak, dan 7 medali perunggu. Selain beregu, kategori perorangan pun berhasil direbut oleh anggota TNI AD Indonesia. Serda Woli Hamsan mendapat gelar penembak terbaik.

Pangdivif 1 Kostrad diwakili oleh Kasdivif 1 Kostrad Brigjen Joko Putranto menyambut kedatangan kontingen di Bandara Soekar­no-Hatta.

“Anda telah meraih prestasi yang membanggakan karena Anda mendapatkan 28 medali emas , 6 medali perak, dan 5 medali perunggu dengan mengalahkan negara-negara kuat. Yang lebih membanggakan lagi petembak TNI-AD berhasil berjaya dengan menggunakan pistol dan senapan buatan PT Pindad, salah satu industri strategis dalam negeri kebanggaan anak bangsa Indonesia,” kata Kasdivif 1 Kostrad itu, seperti dikutip dari Tempo.co.

TNI-AD Inonesia, mengikuti AASAM pada tahun 1996/1997. Selama mengikuti lomba tembak AASAM, TNI-AD selalu menjadi juara umum sejak pertandingan di Puckapunyal 2008 dengan menggunakan senjata jenis SS-2 V4 buatan PT Pindad yang merupakan senjata organik pasukan Kostrad.

AASAM dimulai pada 1984 di Singleton, Pusat Pendidikan Infanteri Angkatan Darat Australia. Beberapa materi yang diperlombakan meliputi senapan, senapan otomatis (SO), pistol, dan sniper.

Keep Breathing, Keep Inspiring! 

Inspirator Freak 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here