Bahan-Bahan Dapur Ini Dapat Digunakan Untuk Membasmi Serangga di Rumah, Lho!

Photo: khasiat.co.id

Kalau kamu sering menemukan serangga seperti nyamuk, kecoak, dan lalat berkeliaran di rumah, tentu kamu merasa risi, bukan?

Biasanya kamu akan menggunakan obat antiserangga untuk mengusir serangga-serangga tersebut. Sayangnya, obat serangga yang biasa kamu gunakan bisa berbahaya untuk kesehatan. Lebih baik, kamu menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan dan ada di dapurmu untuk membasmi serangga di rumah. Selain mudah ditemukan, bahan ini juga tidak beracun. Bahan-bahan apa saja ya, yang bisa digunakan untuk membasmi serangga di rumah?

1. Batang serai

Photo: goodfood.uktv.co.uk

Nyamuk yang beterbangan di rumah dapat diatasi dengan mengiris batang serai dan menaruhnya di sudut-sudut rumah. Serai punya kandungan minyak citronella–minyak esensial satu fungsinya untuk mengusir serangga–dan wanginya tidak disukai nyamuk.

2. Bawang putih

Photo: nakita.grid.id

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, ternyata bawang putih juga bisa digunakan untuk membasmi semut. Caranya, letakkan irisan bawang putih di tempat-tempat yang terdapat banyak semut. Diamkan beberapa waktu, semut-semut pun akan pergi. Kamu juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk mencegah kehadiran kecoak. Caranya sama, letakkan irisan bawang putih di tempat yang sering didatangi kecoa.

3. Daun mint

Photo: kata.co.id

Lalat yang hinggap di atas makanan sangat berbahaya dan bisa menyebarkan berbagai penyakit. Nah, kalau kamu kesulitan untuk mengusir serangga satu ini, taruh beberapa lembar daun mint yang bisa berfungsi sebagai insektisida alami. Kalau tidak ada daun mint, kamu bisa menggantinya dengan daun salam. Keduanya mengeluarkan aroma yang tidak disukai lalat.

4. Kulit jeruk lemon

Photo: khasiat.co.id

Ada ngengat di lemari pakaianmu? Daripada menggunakan bahan kimia untuk mengusirnya, manfaatkan kulit jeruk lemon untuk membasmi ngengat dari lemari pakaian. Caranya, keringkan dulu kulit jeruk lemon, lalu simpan di lemari. Alternatif lain, kamu bisa menggantinya dengan cengkeh atau kayu manis.

Nah, coba cek bahan-bahan ini di dapurmu. Lalu, coba gunakan untuk membasmi serangga membandel di rumahmu. Selain memanfaatkan bahan-bahan alami itu, tentunya kamu harus selalu menjaga kebersihan rumah untuk mencegah serangga yang sama datang lagi. Selamat mencoba ya, Inspirator!

(Diolah dari berbagai sumber)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here