Bagi Kamu Perempuan, Banyuwangi Akan Sediakan Wisata Pantai Khusus Perempuan

Bupati Banyuwangi sedang meninjau lokasi untuk dijadikan sebagai wisata pantai khusus perempuan | Sumber: merdeka.com

Banyuwangi bisa dikatakan sebagai sebuah tujuan wisata yang sedang tren akhir-akhir ini baik di dunia internasional maupun domestik. Kabupaten berjuluk “The Sunrise of Java” ini sedang meningkatkan potensi wisatanya baik secara kualitas maupun kuantitas. Baru-baru ini Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa Banyuwangi akan menyediakan sebuah pantai wisata khusus bagi kaum perempuan.

Penyediaan pantai ini tidak dimaksudkan untuk mendiskreditkan kaum perempuan melainkan sebaliknya memberikan privasi dan kebebasan perempuan untuk berekspresi di pantai. Mereka akan lebih leluasa untuk menikmati wisata di pantai itu.

“Prospek pasar wisatawan perempuan secara tren di dunia memang terus meningkat. Di Indonesia juga ada lebih dari 120 juta perempuan, dan dari jumlah itu ada yang memang butuh destinasi agar mereka nyaman,” kata Anas seperti dilansir Kompas.com (22/1).

Pihak kabupaten Banyuwangi menunjuk sebuah pantai di sekitar Pulau Pandanan sebagai lokasi wisata pantai khusus perempuan tersebut. Pulau ini memiliki hamparan rumput luas, banyak ditumbuhi pepohonan dan berhadapan langsung dengan Pulau Bali. Di kawasan seluas tujuh hektar tersebut akan dibangun fasilitas hiburan, kolam renang, olahraga, mainan anak – anak dan sebagainya. pembangunan fasilitas tersebut akan dilakukan secara bertahap oleh pemerintah daerah setempat.

“Anak-anak nanti bisa bermain-main di lapangan terbuka, sementara ibunya menikmati fasilitas lainnya. Ini adalah bagian dari pengembangan wisata keluarga,” tutur Anas.

Anas menjelaskan bahwa di sisi lain, kaum perempuan ternyata memegang peranan penting dalam menentukan keputusan baik di lingkungan keluarga atau kelompok pertemanan dalam aspek kehidupan mulai dari soal pendidikan, belanja, hingga jalan-jalan. Bupati Banyuwangi ini juga ingin Indonesia tidak boleh kalah, karena di negara lain yakni Thailand, sudah terlebih dahulu berinovasi dalam wisata perempuan.

“Thailand misalnya, memiliki skema khusus Womens Journey. Pada Agustus, di sana ditetapkan sebagai bulan untuk wisatawan perempuan. Club beach khusus perempuan juga laris di negara lain, kebetulan di Indonesia setahu saya belum ada,” katanya.

Pengelolaan wisata pantai khusus perempuan ini nanti akan dikelola secara bersama-sama oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Seperti apa ya kira-kira nanti wisatanya? Menarik untuk ditunggu.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here