Awas, Smartphone Bisa Jadi Sarang Bakteri! Bersihkan Dengan 4 Cara Mudah Ini

Photo: harapanrakyat.com

Inspirator, dalam satu jam, berapa kali kamu menyentuh smartphone-mu?

Sebuah penelitian menyebutkan, pengguna smartphone rata-rata menyentuh ponselnya 150 kali per hari. Memang, saat ini smartphone menjadi benda yang jarang sekali lepas dari genggaman orang. Hampir setiap aktivitas harian manusia zaman sekarang didukung ponsel cerdas.

Tahukah kamu, smartphone bisa jadi sarang bakteri?

Menurut penelitian di Amerika, kurang lebih ada 7.000 bakteri yang dapat ditemukan di smartphone. Salah satunya Staphylococcus aureus, bakteri yang apabila dilihat menggunakan mikroskop memiliki bentuk seperti kumpulan anggur yang cukup berbahaya untuk kesehatan karena bisa menyebabkan infeksi pada kulit. Bahkan, bakteri di smartphone lebih banyak daripada di toilet, lho!

Lalu, bisakah bakteri di ponsel dibersihkan? Bisa banget, Inspirator! Bersih ponselmu secara rutin dan hati-hati supaya tidak rusak. Begini caranya!

1. Gunakan alkohol

Campuran air mineral dan alkohol bisa membersihkan smartphone. Jangan gunakan air sabun, pembersih kaca, atau cuka kalau tidak ingin merusak perangkat smartphone-mu.

2. Cotton bud

Setelah itu, untuk membersihkan pinggiran casing atau lubang-lubang yang ada di smartphone, gunakan cotton bud untuk menjangkaunya.

3. Kain microfiber

Ingin membersihkan bekas jemari yang menempel di layar smartphone? Pakai kain microfiber yang punya tekstur lembut dan halus ini. Selain itu, kain ini bisa dipakai untuk membersihkan permukaan smartphone karena mampu menyerap kotoran tanpa meninggalkan bekas goresan. Kainnya bisa dalam keadaan kering atau sedikit basah ya, Inspirator.

4. Kapas

Kapas merupakan bahan yang aman untuk digunakan karena bisa menyerap air dan debu dengan cepat. Kalau tidak punya kain microfiber, alternatif yang bisa kamu gunakan yaitu kapas.

Membersihkan smartphone mungkin kedengaran sepele, tapi tidak ada salahnya kamu rutin melakukannya supaya kamu terhindar dari bakteri-bakteri berbahaya. Lagi pula, cara membersihkannya pun mudah dan hanya butuh waktu singkat. Kalau smartphone-mu sering dibersihkan, tentunya dapat memperpanjang umur ponsel pintarmu juga, kan?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here