ATM Beras, Cara Baru Berbagi Kepedulian Kepada Warga Kurang Mampu

Foto: Pikiran-rakyat.com

Bagaimana jika kepedulian dan keinginan untuk berbagi dikolaborasikan dengan inovasi dan teknologi? Tentu hasilnya akan membawa banyak manfaat. Seperti inovasi teknologi yang diciptakan oleh Budi Adji Abdul Gonie.

Alumni pengurus Rumah Amal Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menciptakan sebuah mesin anjungan tunai mandiri (ATM) beras untuk warga kurang mampu. ATM beras ini mempermudah pembagian sedekah beras kepada warga kurang mampu.

Dalam wawancaranya dengan Jawa Pos, Budi bercerita dibalik ide pembuatan ATM beras. Dirinya sering kepikiran ketika melihat cara pembagian sedekah kepada orang-orang miskin. Sistemnya yang semrawut dan tidak efektif, menimbulkan korban meninggal karena terinjak-injak. Belum lagi dengan model penyaluran beras miskin (raskin) yang sering tidak tepat sasaran.

“Benar-benar too stupid (terlalu bodoh, Red). Memalukan. Kan kasihan fakir miskin datang sejak subuh, terinjak-injak, lalu mati hanya untuk mendapatkan uang Rp 25 ribu,’’ ungkap lulusan magister manajemen keuangan University of the Pamantasan ng Lungsod ng Maynila, Filipina, seperti dikutip dari Jawapos.com.

ATM Beras
Budi Adji Abdul Gonie, sosok dibalik ATM Beras (Foto: Jawapos.com)

Dari keprihatinan itulah, dia memiliki ide untuk membuat terobosan teknologi yang mempermudah pembagian beras. Pada 2014, Budi menciptakan mesin ATM beras dan membuat kartu ATM beras untuk pengoperasiannya.

Setelah uji coba sukses, kini sudah ada sepuluh ATM beras yang tersebar beberapa daerah seperti Bandung, Jakarta, Probolinggo, dan Trenggalek. Bahkan, mesin ciptaan Budi mulai dilirik orang dari AS, Singapura, Filipina, dan India.

Bagaimana cara kerja ATM beras? ATM beras ini mirip dengan mesin ATM biasa. Begitupun cara kerjanya. Warga yang sudah memiliki kartu ATM beras cukup menempelkan kartu tersebut ke mesin ATM dan beras akan keluar dari mesin ATM di wadah yang sudah disediakan.

Inspiratif dan inovatif ya Inspirator! Semoga keberadaan mesin ATM Beras ini menginspirasi Inspirator dalam membuat karya yang tepat guna dan memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada disekitar kita.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here