ASEAN Ulang Tahun yang Ke-51! Sudah Tahu Belum, Apa Itu ASEAN?

Photo: wikipedia

Hari ini, tanggal 8 Agustus diperingati sebagai hari ulang tahun ASEAN lho, Inspirator. Nah, apakah Inspirator sudah tahu apa itu ASEAN? Di ulang tahunnya yang ke-51 ini, jangan sampai kamu belum tahu apa itu ASEAN. Yuk, simak dulu penjelasan berikut.

Berawal dari 5 negara

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau bisa diartikan sebagai Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara. ASEAN ini merupakan organisasi atau perhimpunan negara-negara yang berada di wilayah Indonesia.

Pada tahun 1967, ASEAN baru saja dibentuk dan diresmikan di Bangkok–Thailand. Mulanya, ASEAN didirikan oleh lima negara dan Indonesia termasuk salah satu negara yang terlibat. Negara lain yang ikut mendirikan ASEAN yaitu Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Pembentukan organisasi ini ditandai dengan penandatanganan sebuah perjanjian negara yang diberi nama “Deklarasi Bangkok.”

Berkembang jadi 10 negara

Photo: wikipedia

Seiring berjalannya waktu, ASEAN yang awalnya hanya terdiri dari 5 negara, kemudian bertambah 5 negara lagi. Brunei Darussalam menjadi negara keenam yang bergabung sebagai anggota ASEAN pada Januari 1984–tidak lama setelah kemerdekaannya dari Inggris. Lalu, Vietnam juga bergabung sebagai anggota ke-7 pada 1995. Disusul kemudian oleh Laos dan Myanmar pada 1997, dan terakhir ada Kamboja yang menggenapi sebagai anggota ke-10 pada 1999.

Hingga saat ini, anggota ASEAN adalah semua negara di Asia Tenggara, kecuali Timor Leste dan Papua Nugini.

Organisasi politik dan ekonomi

ASEAN dibentuk sebagai organisasi yang membahas politik serta ekonomi internasional antar negara ASEAN. Lingkup pembahasan politik internasional ini meliputi hubungan pemerintahan antar negara, supaya tercipta perdamaian dan kekuatan antar negara ASEAN. Sementara di bidang ekonomi internasional meliputi urusan perdagangan, industri, dan produksi barang antar negara, supaya kebutuhan akan barang dapat saling terpenuhi. Wah, semoga di ulang tahun ke-51 ini organisasi ASEAN bisa semakin kuat dan mampu menghadapi tantangan zaman.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here