Awal Terciptanya Kue Kering dan Cara Membuat Kue Kering yang Renyah

Kue kering adalah kue yang memiliki tekstur keras, renyah, dan tahan lama. Kadar airnya rendah karena kue kering dibuat dengan cara di-oven atau dipanggang.

Bahan-bahan untuk membuat kue kering antara lain tepung beras, tepung ketan, atau tepung tapioka, mentega, gula, dan telur. Tahukah kamu bagaimana awal terciptanya kue kering, Inspirator?

Awal terciptanya kue kering

Kue kering ternyata tercipta karena unsur ketidaksengajaan. Dulu ada pembuat kue ulang tahun yang, sebelum memasukkan adonan kue ulang tahunnya, menguji panggangannya dulu apakah panasnya sudah pas atau belum. Pembuat kue mengujinya dengan cara memasukkan sedikit adonan kue ulang tahun ke oven. Tidak disangka, adonan kuenya menjadi kering dan rasanya pun lezat.

Sejarah kue kering

Kue kering awalnya berasal dari biskuit. Biskuit sendiri berasal dari kata bis coctus, dalam bahasa Latin berarti “dipanggang dua kali”. Proses pemanggangan dua kali dilakukan untuk mendapatkan tingkat kekeringan tertentu. Biskuit disukai karena rasanya yang manis dan tahan lama.

Asal-usul kue kering
epolitico.com

Dalam perkembangannya, orang Belanda kemudian berhasil membuat biskuit yang hanya dipanggang satu kali. Rasanya manis dan lebih empuk. Mereka menamainya koekje (kue kecil).

Koekje dibawa imigran Belanda ke Amerika pada awal abad ke-17. Di sana, koekje disebut cookie. 

(Sumber: Beritagar.id)

Di Indonesia ada banyak ragam kue kering, antara lain kastangel, nastar, putri salju, kue kacang, dan masih banyak lagi. Pada umumnya kue-kue kering ini disuguhkan pada momen Idul Fitri.

Asal usul kue kering
Resepkue.com

Bagi kamu yang ingin membuat kue kering yang renyah, cara dasarnya mudah lho, Inspirator. Kocok mentega hingga lembut. Setelah itu masukkan telur ke mentega yang sudah dikocok. Selanjutnya masukkan bahan-bahan lain seperti terigu dan gula. Untuk mendapatkan kue kering yang renyah kamu harus pintar mengatur komposisi antara tepung dan lemak. Sebaiknya perbandingan antara tepung dan lemak 2:1. Jika tepungnya kebanyakan, kue akan keras. Dan jika lemaknya terlalu banyak, kue akan sulit dibentuk. (Sumber: Tabloid Nova).

Keep Breathing, Keep Inspiring!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here