Arrival: Petualangan Mencekam Dr. Banks Membongkar Teka-Teki Bahasa Alien

Komunikasi merupakan sebuah sarana yang digunakan oleh makhluk hidup khususnya manusia dalam berinteraksi dengan manusia lain, baik secara individu maupun kelompok. Komunikasi bisa menjadi perekat hubungan sosial sekaligus pemecah hubungan sosial ketika proses dalam komunikasi berlangsung tidak baik. Komunikasi juga harus dilandasi kemauan saling memahami, saling mengerti karakter dan tujuan berbagai pihak, karena pada dasarnya hal itu menjadi sebuah kunci utama terhadap kelancaran proses komunikasi. Ide inilah yang menjadi landasan dasar bagi sutradara ternama, Dennis Villeneuve di karya terbarunya berjudul Arrival.

IMDB Score: 8,3/10

1
Dr. Louise Banks (Amy Adams) sedang berinteraksi dengan alien

Movie General

Film ini berkisah ketika dunia dikejutkan oleh kedatangan 12 “kapal” makhluk asing yang mendarat di 12 titik permukaan bumi seperti Russia, Amerika, Cina, Siberia, hingga Australia. Kepanikan dan ketakutan pun melanda penduduk bumi karena keberadaan ke-12 kapal makhluk asing tersebut berpotensi mengancam eksistensi bumi. Untuk memahami maksud kedatangan mereka, setiap negara yang dijadikan tempat mendarat kapal makhluk asing, mengirimkan ilmuwan sains, komunikasi dan linguistik untuk meneliti lebih lanjut, apa sebenarnya yang mereka inginkan dan apa maksud tujuan mereka datang ke bumi.

Pemerintah Amerika mengirim Kolonel Weber (Forest Whitaker) untuk menemui dua orang ilmuwan yang berbeda latar belakang dari linguistik dan sains,  pertama seorang pakar linguistik yang juga seorang ibu, Dr. Louise Banks (Amy Adams) dan kedua adalah seorang fisikawan bernama Ian Donnelly (Jeremy Renner). Keduanya mendapat tanggung jawab untuk memimpin regu linguistik dan regu sains demi memecahkan pertanyaan apa tujuan makhluk asing tersebut datang ke bumi.

Proses interaksi pun berjalan tidak mudah selama satu bulan, Dr. Banks dan Donnelly dihadapkan dengan berbagai macam simbol-simbol aneh yang “disampaikan” oleh makhluk asing tersebut. Di sisi lain Dr. Banks dihantui oleh masa lalunya, sementara dunia juga menekan situasi yang semakin memperkeruh upaya Dr. Banks dan Donnelly untuk menjawab berbagai teka-teki yang ada.

15672744_570194589852421_1487021473879150948_n
Fisikawan Ian Donnelly (Jeremy Renner) sedang melindungi rekannya Dr. Louise Banks (Amy Adams) dari rasa dingin

Moral Values

1. Pengertian Menjadi Kunci Komunikasi Efektif

Dr. Banks dan Donnelly menjadi dua tokoh sentral yang berjuang untuk memahami dan mengerti segala macam pesan yang disampaikan oleh makhluk asing tersebut. Upaya mengerti dan memahami karakter, cara pandang, konteks pihak lain pada dasarnya menjadi sebuah kunci penting dalam kelancaran berkomunikasi, jika satu pihak memiliki sikap yang individualis atau egois maka komunikasi satu sama lain justru akan berlangsung tidak lancar bahkan berujung pada potensi konflik.

2. Sikap Masa Kini Menentukan Masa Depan

Nilai ini juga menjadi nilai utama yang terkandung dalam film ini, baik atau buruknya masa depan kita pada dasarnya ditentukan oleh cara kita bersikap, menjalani hidup di masa kini mulai dari hal kecil seperti bagaimana menerima diri sendiri, bagaimana menerima orang lain, bagaimana menerima peristiwa pahit, peristiwa menyenangkan dan lain-lainnya. Jika kamu mampu bersikap baik, berjuang, bertanggung jawab terhadap hidupmu sekarang maka masa depan kamu juga akan berlangsung dengan baik, begitupun sebaliknya.

3. Kerjasama adalah Segalanya

Manusia merupakan individu yang diciptakan tidak berdiri sendiri melainkan harus hidup berdampingan dengan manusia lainnya, berinteraksi satu sama lain demi mempertahankan kehidupan masing-masing dan tujuan bersama. Oleh karena itu kerjasama merupakan segalanya untuk mempertahankan keutuhan, kebersamaan, hingga rasa persatuan.

Contributor Comment

arrival-alien-700x292
Dr. Banks sibuk menyusun pesan untuk disampaikan kepada alien yang ada dibalik layar transparan

Dua bulan tertunda dari jadwal rilis resminya pada November silam, akhirnya karya terbaru dari sutradara ternama Denis Villeneuve berjudul Arrival dirilis di Indonesia. Film ini sebenarnya merupakan salah satu film yang sangat ditunggu bagi mereka yang menggemari karya-karya Denis seperti dua film sebelumnya yakni Prisoners dan Sicario yang mendapat respon positif dari para kritikus film. Alasan lainnya adalah film ini mendapat beragam respon yang positif dari para kritikus film akan kualitas filmnya yang memukau dari berbagai aspek terutama mulai sisi penyutradaraan hingga performa pemain, khususnya Amy Adams yang berpotensi bisa meraih Oscar melalui performanya kali ini.

Arrival merupakan film bertema sci-fi alien yang berbeda ketika kebanyakan film alien selalu memperlakukan alien sebagai pihak musuh dan identik dengan kelakuan kejam. Arrival menghadirkan alien yang bisa bertindak tergantung pada respon dari manusia itu sendiri.

Denis terkenal sebagai seorang sutradara yang doyan membuat penontonnya untuk berpikir keras, tidak memalingkan muka dari layar jika kita tidak mau sia-sia menonton film-filmnya. Tidak disangka dalam kesempatan kali ini ia berani mengambil tema science fiction. Jangan berharap untuk menemukan adegan ledakan, perang, baku hantam besar-besaran dalam setiap film Denis, karena ia condong mengutamakan bumbu drama dan cerita yang intens sekaligus kompleks. Kemampuannya dalam mengarahkan narasi buatan Eric Heisserer yang penuh dengan teka-teki dan alur maju mundur membuat penonton harus jerih payah memahami maksud terselubung yang diselipkan dari beragam adegan film ini.

Sutradara Sicario dan Prisoners ini dari menit-menit awal sudah mampu memancing emosi penonton untuk ikutan panik ketika 12 kapal makhluk asing mulai mendarat di 12 titik permukaan bumi. Apakah makhluk asing ini datang dengan damai atau tidak?

Situasi kepanikan itu tergambar dari berbagai adegan mulai dari kekacauan di berbagai dunia, birokrasi militer yang sibuk semrawut bekerja di bawah potensi ancaman keamanan dunia, gerombolan pasukan militer berbaju hazmat (kostum pasukan militer yang menangani ancaman senjata biologis maupun kimia), hingga persiapan armada militer yang melesat di udara, laut dan darat. Denis kemudian membawa penontonnya ke berbagai macam konflik dan intrik politik hingga pengkhianatan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri.

dwi

Performa luar biasa patut diberikan kepada pemeran Dr. Banks dan Donnelly, Amy Adams (Batman v Superman: Dawn of Justice) dan Jeremy Renner (Avengers: Age of Ultron). Keduanya memiliki chemistry yang kuat dalam perjuangan mereka memecahkan teka-teki meskipun mereka dari latar belakang yang sangat berbeda yakni Sains dan Sosial Budaya. Forest Whitaker juga mampu menghadirkan Kolonel Weber yang kaku, bersikap tegas, tertata dalam bertindak untuk menciptakan hasil yang baik.

Di sisi lain penulis juga memberikan acungan jempol terhadap penulis skenario Eric Heisserer (Lights Out), sinematografer Bradford Young (Selma) dan music composer Johan Johannson (Sicario). Ketiganya menciptakan komposisi narasi detail nan kompleks didukung penyampaian visual yang elegan, membuat penontonnya berdecak kagum ditambah musik Johannson yang pelan-pelan menyayat emosi, mendukung suasana panik, ketidakpastian sekaligus ketakutan penontonnya.

Jika kamu mengikuti karya-karya Denis Villeneuve, kamu tidak akan heran bahwa lagi-lagi ia menghadirkan kejutan besar yang tidak bisa diduga sekaligus ending yang mengundang perdebatan dan berbagai tanda tanya. Bisa dikatakan bahwa Arrival adalah karyanya yang paling terbaik dari yang terbaik setelah Prisoners dan Sicario.

Quotes

Dr. Louise Banks: If you could see your whole life laid out in front of you, would you change things?

Ian Donnelly: You know I’ve had my head tilted up to the stars for as long as I can remember. You know what surprised me the most, it wasn’t meeting them. It was meeting you.

Colonel Weber: Remember what happened to the aborigines. A more advanced race nearly wiped them out.

Inspirator Freak

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Dylan Aprialdo Rachman

Editor   : Dylan Aprialdo Rachman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here