Bolehkah Kita Berolahraga Malam Hari?

Berolahraga di Malam Hari | Foto: https://www.self.com/
Foto: https://www.self.com/

Ketika berbicara mengenai waktu berolahraga, pasti Inspirator sudah terbiasa dengan berolahraga pada pagi hari atau sore hari. Dua waktu itu menjadi waktu favorit untuk berolahraga bagi banyak orang karena sinar matahari tidak terlalu terik. Orang-orang juga menganggap berolahraga pagi bisa membuat mereka lebih fokus dalam menjalani hari. Selain dua pilihan waktu itu, tidak sedikit pula orang yang berolahraga malam, setelah pulang kerja atau kuliah misalnya. Bolehkah kita berolahraga malam hari?

Ternyata, berolahraga malam hari boleh lho, Inspirator

Walaupun kamu tidak lagi mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, tubuhmu lebih bugar karena banyak bergerak. Tidak perlu terlalu lama, cukup 30 menit per harinya. Sebelum memulai olahragamu, awali dengan pemanasan dan akhiri dengan pendinginan. Pilihlah gerakan-gerakan olahraga yang memiliki ritme lebih lambat daripada biasanya. Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat supaya kamu tidak kelelahan ketika hendak tidur. Pilih olahraga yang ringan tapi bisa membuatmu segar, seperti yoga, bersepeda, jalan kaki malam.

Related image
Foto: http://total-yoga.org/

Ada beberapa keuntungan jika kamu berolahraga malam hari

Berdasarkan studi yang dilakukan Pearson (dikutip dari MSN), olahraga malam dapat meningkatkan kapasitas fisik antara 8 hingga 30 persen. Ini karena hormon membentuk otot dan otot menjadi lebih hangat setelah berolahraga. Selain itu, berolahraga malam hari juga bisa mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Tetapi, jangan berolahraga jika sudah larut ya, Inspirator. Lebih baik gunakan waktumu untuk beristirahat. Jika ingin berolahraga malam hari, sebaiknya antara waktu terbenamnya matahari hingga pukul sembilan malam atau 3-4 jam sebelum kamu berangkat tidur supaya kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Image result for sleep well after exercise
Foto: https://www.enkimd.com/

Selain memperhatikan waktu berolahraga, jangan lupa pertimbangkan kondisi tubuhmu. Jika kamu sedang tidak sehat, jangan paksakan dirimu untuk berolahraga. Lebih baik pergi tidur dan baru berolahraga kembali setelah tubuhmu sehat. Pada kondisi ini, Inspirator harus fokus mengembalikan kondisi tubuh dulu.

Baik berolahraga pagi maupun malam hari, sama-sama baik dan memiliki keuntungannya masing-masing. Semua tergantung kondisi tubuh dan preferensi setiap individu yang berbeda-beda. Kalau kamu, lebih suka berolahraga pagi atau malam hari, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here