Anne Avantie, Desainer Kebaya Modern Indonesia yang Hanya Lulusan SMP

Anne Avantie | Foto: https://travel.detik.com/
Anne Avantie | Foto: https://travel.detik.com/

Anne Avantie: desainer kebaya modern Indonesia yang hanya lulusan SMP ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Wanita kelahiran Semarang, 20 Mei 1954 berhasil mematahkan stigma di masyarakat jika ingin sukses, seseorang harus sekolah tinggi. Buktinya, tanpa menempuh sekolah desain, Anne Avantie sukses membuat rancangan yang unik dan mampu diterima masyarakat.

Related image
Foto: https://www.facetofeet.com/

Desain kebaya yang dirancang Anne Avantie memiliki ciri khas tersendiri sehingga orang yang melihat akan langsung mengenal perancang kebayanya. Dalam setiap desainnya, ia berfokus pada bagian leher dan banyak detail, juga dengan potongan-potongan asimetris. Aplikasi pada setiap kebayanya sangat ia perhatikan, misalnya dengan penggunaan warna-warna yang indah dan penggunaan dan tile yang dihias. Tak heran banyak orang mengagumi hasil karyanya.

Perjalanan karier Anne Avantie tidak semulus yang dibayangkan.

Kariernya berawal dari kegiatannya membuat kostum tari dan kostum untuk penampilan panggung di tahun 1989. Dengan dukungan dari sang ibu, Anne Avantie memiliki tekad yang kuat untuk sukses karena ia tidak mungkin mengandalkan latar belakang pendidikannya. Saat itu, semua rancangannya masih sederhana tetapi terus mengalami perkembangan. Ia pun mulai disebut sebagai seorang desainer di tahun 1992, ketika ia ikut serta dalam acara duta fashion dan dipanggil seperti itu oleh sang MC.

Di tahun 1998, Anne Avantie merasakan keterpurukan, yakni ketika lokasi usahanya terbakar hangus. Tetapi, ia tidak melihat pengalaman ini sebagai suatu kesengsaraan, melainkan sebagai sebuah lembaran baru. Saat itu pulalah ia mulai bergerak ke pembuatan kebaya modern karena merasa ada peluang yang besar di bidang tersebut, apalagi kebaya merupakan identitas Indonesia. Bagi seorang Anne Avantie, kebaya merupakan pembaharuan hidup dan cerminan semangat baru.

Menurutnya, kebaya yang dirancangnya harus bisa mencerminkan karakter positif dari pengguna kebayanya. Untuk membuat suatu rancangan kebaya, ia mengaku jika inspirasi bisa datang dari segala arah. Semua kebaya yang dirancangnya selalu melibatkan ketulusan hati dan ambisi yang besar. Ia pun terus berinovasi membuat rancangan kebaya modern. Seakan-akan tidak pernah kehabisan ide, karya-karya yang dibuat oleh Anne Avantie selalu sukses membuat Indonesia bangga dan telah mendapat banyak pujian dari seluruh dunia. Saat ini, kebayanya telah digunakan oleh artis-artis ternama, tampil di berbagai acara fashion show, dan bahkan bisa menyelenggarakan pagelarannya karyanya sendiri.

Related image
25 Tahun Anne Avantie | Foto: http://kamanawaeman.blogspot.com/
Image result for pagelaran anne avantie 2018
29 Tahun Anne Avanty | Foto: https://foto.kompas.com/

Hal lain yang perlu dipetik dari sosok Anne Avantie, desainer kebaya modern Indonesia yang hanya lulusan SMP adalah sifatnya yang tidak pelit ilmu. Ia tidak segan-segan untuk mengadakan workshop serta memberikan pengetahuannya di media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Selain aktif di bidang desain, Anne Avantie juga bekerja sama dengan RS St. Elisabeth Semarang dalam mendirikan Pelayanan Kasih Hydrocephalus (PKH). Di dalamnya, ia membantu mereka yang mengalami penyakit-penyakit yang membutuhkan penanganan cepat secara gratis.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here