10 Besar Negara Tersehat di Dunia
10 Besar Negara Tersehat di Dunia, Indonesia masuk nggak ya?

Halo Inspirator! Tanggal 7 April adalah Hari Kesehatan Internasional, seluruh dunia kembali ingat betapa kesehatan itu sangat penting bagi kita. Bloomberg pun punya data sendiri loh terkait 10 Besar Negara Tersehat di Dunia. Bloomberg me-ranking negara-negara menggunakan data dari World Bank, United Nations, dan juga World Health Organisation. Berikut adalah peringkat negara-negara tersehat :

  1. Jerman

    10 Besar Negara Tersehat di Dunia
    Jerman masuk ke dalam daftar salah satu negara dunia yang paling sehat, (foto: Brandenburg Gate di Berlin) | Source : hallsf.imperial.ac.uk
    Dilansir dari sebuah survei oleh German Economic Institute di kota Cologne, lebih dari 50 persen penduduk Jerman sangat puas dengan hidup mereka. Hebatnya, hanya 2 persen yang merasa tingkat kepuasan hidupnya rendah. Sementara, Jerman mewajibkan seluruh warga negara dan juga orang asing yang bekerja atau tinggal di negaranya untuk terasuransi. Semua wajib membayar biaya untuk jaminan kesehatan, akan tetapi besarannya disesuaikan dengan income masing-masing orang tersebut.
  2. Swedia

    10 Besar Negara Tersehat di Dunia
    Swedia memiliki sistem pelayanan kesehatan yang terdesentralisasi dan memadai (foto: lanskap kota Jönköping, Swedia)| Source: www.jaffarer.se
    Sebesar 70 persen dana pelayanan kesehatan di Swedia bersumber dari pajak pemerintah lokalnya. Selain itu, Swedia menerapkan sistem desentralisasi terkait pelayanan kesehatan. Country council-nya (setara pemerintah tingkat provinsi di Indonesia) bertanggung jawab atas rumah sakit dan praktisi kesehatan di wilayahnya. Keren-nya lagi nih Inspirator, bagi anak-anak dan remaja, dental care (perawatan gigi dan mulut) ditanggung country council hingga mereka berusia 20 tahun!
  3. Belanda

    10 Besar Negara Tersehat di Dunia
    Gaya hidup sehat penduduk Belanda membantu negara ini masuk 10 besar negara tersehat | Source: www.infohostels.com
    Hal menarik yang dapat ditemukan di Belanda adalah porsi sajian makanan di restoran-restoran. Porsi yang disediakan umumnya tidak terlalu banyak, sehingga akan cukup menghilangkan lapar tapi tidak sampai kekenyangan. Belanda juga menempati urutan pertama dari 28 negara Eropa dengan latihan fisik individu terbanyak.
  4. Spanyol

    10 Besar Negara Tersehat di Dunia
    Spanyol masuk deretan negara tersehat di dunia (foto: Palacio de Comunicacion, Madrid) | Source: timesofisrael.com
    Kuliner di Spanyol yang bernuansa mediterranean kaya akan buah-buahan, salad,  minyak zaitun, dan ikan membantu meningkatkan kesehatan penduduknya. Semua orang berhak atas pelayanan kesehatan dari negara secara gratis. Dana untuk pelayanan tersebut adalah alokasi dari pajak penghasilan yang dibayarkan kepada negara. Bahkan, kini imigran-imigran ilegal dan juga orang asing yang tidak membayar pajak pun dijamin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Wow!
  5. Israel

    10 Besar Negara Tersehat di Dunia
    Israel, salah satu negara paling sehat di dunia (foto: pemandangan kota Haifa) | Source: royalcarribean.com
    Sekitar tiga ratus ribu penduduk Israel, atau sekitar 4 persennya adalah vegetarian! Tren bertambahnya penduduk vegetarian terlihat akan semakin tinggi, karena mudahnya menemukan restoran, kursus, bahkan aplikasi mobile yang mendukung penduduknya menjadi vegetarian. Tak heran jika Israel memiliki populasi vegetarian terbesar per kapita di dunia.
  6. Jepang

    10 Besar Negara Tersehat di Dunia
    Jepang masuk jajaran negara tersehat, salah satunya berkat kebiasaan mengkonsumsi teh hijau (foto: kebun teh di Fujinomiya, Jepang) | Source: www.zeit.de
    Inspirator mungkin sudah menduga, bahwa Jepang memiliki budaya sehat. Mulai dari minuman, makanan, dan juga gaya hidup orang Jepang yang mendukung penduduknya berumur panjang. Hal yang menarik adalah karena budaya orang Jepang untuk minum teh (khususnya teh hijau) lalu banyak mengkonsumsi daging ikan (yang sehat dan tidak mengandung lemak jenuh) turut berkontribusi membawa Jepang menjadi salah satu negara paling sehat di dunia.
  7. Swiss

    10 Besar Negara Tersehat di Dunia
    Negara yang dikenal dengan pegunungan Alpen ini menjadi salah satu negara tersehat di dunia | Souce: hookedoneverything.com
    Pelayanan kesehatan di Swiss, mulai dari dokter hingga fasilitas-fasilitas kesehatan dikenal sebagai salah satu yang terbaik di dunia.  Setiap orang di Swiss diwajibkan memiliki asuransi kesehatan yang tentu membantu menaikkan taraf kesehatan penduduknya. Tingkat obesitas di Swiss pun sangat rendah, hanya sekitar 9 persen dan ini termasuk yang paling rendah di Eropa.
  8. Australia

    10 Besar Negara Tersehat di Dunia
    Aktivitas fisik seperti olahraga futbol di Australia populer dan membantu penduduknya lebih sehat | Source: australiancurriculumlessons.com.au
    Aktivitas fisik telah diakui sebagai salah satu yang membawa Australia ada di list peringkat ini. Dengan usia rata-rata penduduk yang berkisar di 37 tahun, aktivitas fisik rutin dilakukan.  Menurut ABS Australian Health Survey, di 2011-2012 orang-orang dewasa di Australia rata-rata menghabiskan 30 menit untuk melakukan aktivitas fisik. Masyarakat Australia yang multikultural, muda, dan open-minded dapat membawa Australia lebih sehat di masa depan.
  9. Italia

    10 Besar Negara Tersehat di Dunia
    Makanan dan minuman organik yang dikonsumsi penduduk Italia membuat mereka lebih sehat | Source: casa-principessa.com
    Hal menarik dari Italia adalah hampir seluruh makanan yang dimakan penduduknya adalah makanan organik. Buah-buahan dan sayur-sayuran yang dipakai untuk makanan sebagian besar datang dari ladang atau kebun mereka sendiri. Penduduknya pun gemar untuk bepergian dengan berjalan kaki, membantu mereka lepas dari stres dan hidup lebih bahagia dan sehat.
  10. Singapura

    10 Besar Negara Tersehat di Dunia
    Singapura, negara ASEAN yang menjadi negara tersehat di dunia | Source: thedailystar.net
    Singapura menjadi negara paling sehat di dunia, dengan salah satu buktinya adalah angka kematian bayi yang sangat rendah (2,3 kematian dari 1000 kelahiran). Sistem pelayanan kesehatan di Singapura dapat dikatakan yang terbaik di dunia, tidak lepas dari kemakmuran penduduknya dengan Gross Domestic Product (GDP) per kapita sebesar $71,318.  Dengan demikian, para penduduk Singapura tak hanya hidup lebih lama (angka harapan hidupnya 83 tahun), melainkan juga lebih sehat dari tahun ke tahun.   Mana Indonesia? Yuks, sebagai generasi muda penerus bangsa kita mulai memperjuangkan itu sejak dini. Memperbaiki konsumsi makanan, kualitas hidup, serta kebersihan lingkungan dan semua hal yang berkaitan dengan kesehatan. Hal-hal terkait kesehatan banyak dibahas oleh World Health Organization (WHO). Bukan tidak mungkin suatu hari nanti Indonesia menjadi salah satu negara tersehat di dunia loh. Tetap sehat dan bersemangat dalam menjalani hari ya, Inspirator!

  Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Agung Tyanto Editor   : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspirator_freak web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY