Pulau Sebira Kepulauan Seribu kitabisa.com

Pagi Inspirator! Gak perlu nunggu lulus untuk bisa kasih sesuatu buat orang lain. Saat masih mahasiswa pun kita bisa buat aksi nyata untuk membantu sesama yang membutuhkan. Ini dia 6 aksi galang dana online dari Anak UGM untuk bangun negeri!

1. Air untuk Blora

Blora kitabisa.com
Sumber: kitabisa.com
Udah bukan rahasia umum lagi kalau Blora merupakan daerah yang krisis air saat musim kemarau. Padahal mereka berlimpah potensi hasil panen seperti padi, jagung, bambu dan jati. Namun, saat musim kemarau tiba justru menjadi ancaman terberat untuk warga Jepangrejo. Itulah yang menjadi dasar dari tim KKN PPM UGM untuk bergerak membantu desa tersebut menjadi desa yang potensial dan produktif lagi dengan mengajak orang-orang gotong royong patungan online melalui gerakan “Air Untuk Blora” di https://kitabisa.com/airuntukblora Air untuk Blora adalah salah satu dari beberapa proyek dalam membangun Integrated Farming berbasis pertanian dan peternakan yang telah mendapat dukungan dari pemerintah Kabupaten Blora. Seluruh dana yang terkumpul akan disalurkan dalam proyek Air untuk Blora oleh Tim KKN-PPM UGM Blora 2016 pada 20 Juni-7 Agustus 2016. Yuk Inspirator bantu mereka dalam mewujudkanya dengan ikut berdonasi melalui https://kitabisa.com/airuntukblora

2. Udara Sehat di Tanah Seran

Desa Seran Sumbawa Barat kitabisa.com
Sumber: kitabisa.com
Semua orang berhak untuk hidup sehat. Namun, di lingkungan pengolahan emas, kesehatan orang, bahkan hewan dan tumbuhan terancam karena merkuri. Desa Seran merupakan salah satu desa penghasil emas yang cukup dikenal di Kabupaten Sumbawa Barat. Tingginya demand terhadap emas belakangan ini menjadi penggerak utama beroperasinya tambang emas rakyat di beberapa titik di desa ini. Namun, unsur K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) seringkali diacuhkan dan kurang diperhatikan sehingga menyebabkan kesehatan lingkungan warga sekitar terancam karena merkuri. Inisiatif datang dari dari 30 mahasiswa/i angkatan 2011-2013 yang juga merupakan satu unit Tim KKN-PPM UGM (Kuliah Kerja Nyata) untuk mengajak gotong royong patungan online melalui https://kitabisa.com/seransehat dalam membuat MCS (Mercury Capture System) yang merupakan salah satu upaya mereka dalam mengurangi ancaman kesehatan. Yuk Inspirator bantu mereka untuk bisa mewujudkan Desa Seran yang sehat melalui patungan online di https://kitabisa.com/seransehat

3. Bantu Rinjani Bangkit

Rinjani kitabisa.com
Sumber: kitabisa.com
Kali ini inisiatif datang dari 30 mahasiswa UGM dengan jurusan yang berbeda, bergabung untuk membantu masyarakat sekitar Rinjani bangkit dari bencana alam. Cerita dimulai dari kaki Gunung Barujari yang pada 25 Oktober 2015 lalu meletus dan mengeluarkan asap dan debu dalam skala kecil. Hal ini menjadikan Gunung Rinjani ditetapkan dalam kategori waspada level II. Dampak dari letusan ini menyebabkan masyarakat sekitar kaki gunung menjadi sangat cemas akan bencana susulan yang sewaktu-waktu bisa datang menghampiri mereka kapan saja. Maka dari itu, 30 Mahasiswa UGM mengajak orang-orang untuk gotong royong patungan online melalui https://kitabisa.com/BantuRinjaniBangkit yang akan dimanfaatkan untuk program pendidikan dan bantuan dalam bidang medis, agronomi, sosial, sains dan juga teknik.

4. Membangun Pliken, Membangun Negeri

Desa Pliken Banyumas kitabisa.com
Sumber: kitabisa.com
Siapa yang gak pernah makan tempe? Banyumas dikenal sebagai kabupaten dengan penghasilan tempe terbesar yaitu sekitar 20 ton per hari. Akan tetapi, produksi tempe yang banyak juga telah menimbulkan permasalahan baru. Limbah dari pembuatan tempe tersebut, banyak yang langsung dialirkan ke sungai tanpa diolah menjadi biogas. Permasalahan bertambah dengan para petani yang banyak menggunakan pestisida sebagai pengusir hama untuk sawah mereka. Hal inilah yang membuat hati para Mahasiswa UGM tergerak untuk membantu Desa Pliken yang punya banyak potensi. Mereka mengajak orang-orang patungan online melalui https://kitabisa.com/donasipliken untuk kegiatan penanaman Bunga Refugia yang dapat menarik serangga yang menjadi musuh alami hama tanaman. Selain merupakan biopestisida yang ramah lingkungan, Bunga Refugia yang dikelola dengan baik dapat menjadi daya tarik wisata bagi daerah ini. Selain membuat Taman Bunga Refugia, tim dari UGM juga melakukan penyuluhan kepada petani akan bahaya pestisida.

5. Menyapa Sugapa “Membangun dari Timur”

Desa Sugapa Papua kitabisa.com
Sumber: kitabisa.com
Gak salah kalau anak-anak UGM disebut memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, kali ini gak cuma di sekitaran Jogja dan Jawa aja, anak-anak UGM ini membantu sesama sampai ke TIMUR Indonesia. Mereka adalah Tim KKN-PPM UGM Papua, Kab. Intan Jaya yang berinisiatif membantu daerah timur Indonesia tepatnya di Desa Sugapa. Kabupaten Intan Jaya sendiri menyimpan berbagai potensi kekayaan alam dari berbagai bidang. Di kabupaten inilah, kita bisa mendapatkan buah merah, buah yang menjadi ciri khas Papua. Namun sayang, dengan potensi alam yang besar, tidak sebanding dengan kualitas SDM disana. Maka dari itu, anak-anak UGM ini berinisiatif untuk bisa meningkatkan kualitas SDM disana, salah satunya dengan memberikan program pendidikan, pertanian, peternakan, sains dan teknologi. Mereka juga mengajak warga Indonesia untuk patungan online demi menyukseskan misi mereka melalui https://kitabisa.com/menyapasugapa Yuk Inspirator sama-sama kita membangun negeri Indonesia dari Timur!

6. Books for Sebira

Pulau Sebira Kepulauan Seribu kitabisa.com
Sumber: kitabisa.com
Gak jauh dari Ibukota Jakarta tercinta, tepatya di Kepulauan Seribu. Pulau Sebira, salah satu pulau yang masih KEKURANGAN akan pasokan listrik. Sungguh miris memang, ditengah kemajuan teknologi seperti sekarang, ternyata masih ada daerah yang kekurangan pasokan listrik. Selain listrik, anak-anak di pulau ini juga sangat membutuhkan buku-buku pelajaran untuk sekolah. Mendengar akan hal itu, membuat anak-anak UGM ini tergerak untuk membuat aksi nyata dengan mengajak orang-orang untuk peduli dan patungan online melalui https://kitabisa.com/cahayauntuksebira Well, ini adalah beberapa aksi nyata untuk negeri yang dibuat oleh segelintir dari anak-anak UGM yang peduli dengan sesama. Yuk Inspirator bantu mereka untuk membangun negeri kita dengan ikut berdonasi melalui kitabisa.com. Kita juga bisa mulai melakukan aksi-aksi untuk lingkungan sekitar melalui penggalangan dana dengan klik kitabisa.com/buat-campaign atau email ke [email protected]. Tim kitabisa.com akan bantu kamu melakukan penggalangan dana secara online. Sumber: kitabisa.com Inspirator Freak Keep Breathing, Keep Inspiring! Editor   : Nindya Kharisma Cahyaningtyas Inspirator Freak Twitter : @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspirator_freak Web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

SHARE
Previous articleSiap-siap Tahan Nafas Melihat Keindahan Opera House Sidney di Vivid Festival
Next articleDibalik Karirnya yang Menjulang, Tokoh-Tokoh Ini Memiliki Pendamping yang Selalu Setia

LEAVE A REPLY