Biaya Makan Membengkak? Ini Dia Tips Supaya Anak Kos Bisa Makan Hemat!

Woman with coins in jar

Sebagai mahasiswa perantauan, menurutmu apa yang menjadi pengeluaran utama? Pasti salah satunya biaya makan. Hal ini pula yang menjadi curhatan seorang teman beberapa waktu lalu, yaitu belanja bulanannya membengkak karena banyak dihabiskan untuk jajan. Dampaknya sangat dia rasakan ketika memasuki akhir bulan, kondisi dompetnya menipis. Akhirnya, dia bertekad mengurangi biaya makannya menjadi Rp30.000,- per hari dan hingga hari ini dia berhasil mempertahankannya. Berikut ini ada beberapa tips untuk anak kos yang ingin menghemat biaya makan.

1. Masak sendiri atau masak bersama teman

Kenapa dianjurkan memasak sendiri? Karena dengan menyiapkan makanan sendiri, pengeluaran Inspirator semakin ringan. Beras, sayuran, dan lainnya bisa kamu dapatkan dengan harga lebih murah daripada membeli makanan jadi. Kalau memungkinkan bagimu untuk pulang ke rumah orangtuamu setiap minggu, kamu juga bisa membawa bahan-bahan makanan dari rumah untuk setok di kos.

Image result for COOK WITH FRIENDS
Foto: https://amendo.com/

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah memasak bersama teman. Kegiatan ini memiliki beberapa keuntungan. Pertama, memasak akan lebih seru karena dilakukan beramai-ramai. Kedua, biayanya bisa lebih minim karena ditanggung bersama. Ketiga, bisa saja temanmu bersedia memasak untukmu.

2. Susun menu per minggu

Image result for list
Foto: https://www.fastcompany.com/

Dengan menyusun menu per minggu, kamu memiliki gambaran jelas tentang bahan-bahan yang kamu butuhkan, sehingga ketika pergi ke supermarket, kamu sudah tahu apa saja yang harus kamu beli.

3. Berburu diskon dan berbelanja hemat

 

Image result for sale
Foto: http://www.swimzi.com/sale

Ketika akan membeli bahan makanan, jangan lupa cek diskon-diskon yang tersedia. Kamu bisa follow akun-akun supermarket dan akun-akun promosi di sosial media yang bisa membantumu untuk menghemat pengeluaran. Belilah bahan-bahan secukupnya dan jangan lupa memeriksa masa kedaluarsanya. Jangan sampai kamu belanja makanan terlalu banyak sehingga mubazir ya, Inspirator. Akan lebih baik jika kamu mencatat daftar makanan yang ingin kamu beli sebelum berbelanja dan jangan sampai membeli makanan tanpa perencanaan supaya anggaranmu tidak jebol. Sesudahnya, simpan bahan-bahan yang kamu beli di tempat yang dianjurkan.

Tetapi, harap diingat, Inspirator. Walaupun ingin berhemat, bukan berarti kamu mengabaikan gizi makanan karena nutrisi tubuh harus tetap terpenuhi. Jangan sampai karena ingin menghemat biaya makan, kamu justru pelit pada diri sendiri.

Apakah kamu ingin mencoba menjadi anak kos yang hemat? Jika ya, selamat mencoba tips di atas, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here