Ajak Desainer Indonesia Berinovasi, Smesco Luncurkan Rumah Desain

Rumah desain
Rumah desain diresmikan LLP-KUKM sebagai rumahnya desainer Indonesia

Para desainer fashion dan perajin produk UKM ditantang untuk semakin berinovasi membuat karya atau produk unggulan. Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM), Kementerian Koperasi dan UKM pun menyediakan sebuah galeri yang diberi nama Rumah Desain di Gedung Smesco Rumahku, Jakarta Selatan.

Direktur Utama LLP-KUKM, Ahmad Zabadi mengatakan, pihaknya dengan bangga meluncurkan Rumah Desain di lantai basement 1 pada senin, 27 februari 2017. Zabadi menjelaskan galeri tersebut akan menjadi “rumahnya desainer” agar desainer dan perajin atau pelaku UKM binaan LLP-KUKM bisa terus berinovasi, berkarya, dan berpromosi di tempat tersebut. Pihaknya menggandeng Esmod Jakarta, fashion design and bussiness school, untuk merancang Rumah Desain.

“Ya, kami sudah mengembangkan Rumah Desain yang diplot sebagai zona inovasi, tempat promosi dan pemasaran produk dari desainer ternama Indonesia,” kata Zabadi dalam acara peresmian Rumah Desain.

rumah desain
Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi bersama Sekretaris Kemenkop & UKM, Agus Muharam dan mitra LLP-KUKM (Foto: Inspirator Freak)

Mengusung tagline ‘House of Indonesian Designers’, Rumah Desain merupakan kerjasama antara LLP-KUKM dengan Asosiasi Perajin Alas Kaki Indonesia (APAI), Komunitas Desainer Etnik Indonesia (KDEI), Indonesian Modest Fashion Designer (IMFD), Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI), Aliansi Perdagangan dan Industri Kreatif Indonesia (APIKI), Scano Exotic, serta beberapa desainer terkemuka lainnya.

rumah desain
Suasana Rumah Desain (Foto: Inspirator Freak)

Rumah Desain menyediakan 38 tenant yang menjadi mitra LLP-KUKM. Produk unggulan dari desainer ternama seperti Oki Setiana Dewi, Yuyuk Nurmansyah, dan Jeny Tjahyawati mengisi Rumah Desain dengan koleksi terbaiknya.

Tak sekadar menawarkan produk andalannya, Rumah Desain juga menawarkan layanan personal stylish. Pengunjung akan diberikan tips oleh desainer langsung dalam memadukan busana.

“Ini bakal menjadi terobosan baru. Kami juga memberikan pelatihan bagaimana merancang busana, bahkan membuat sepatu hingga bisa menembus pasar dan diminati masyarakat,” paparnya.

Dengan diresmikannya Rumah Desain ini Zabadi berharap Rumah desain bisa menjadi pemandu bagi masyarakat untuk menemukan produk terbaik desainer tanah air. Selain itu, diharapkan menjadi kesempatan bagi desainer dan perajin untuk bisa melebarkan sayap memasarkan produknya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here