Air Susu Meredakan Rasa Pedas Lebih Cepat–Mitos atau Fakta?

Memakan makanan pedas memang bisa memberikan rasa panas seperti terbakar di lidah. Bahkan, jika terkena kulit dan mata bisa membuat perih. Kalau sudah begitu, biasanya kamu meminum air dalam jumlah banyak untuk meredakan rasa pedas tersebut.

Sudah minum air banyak, kenapa rasa pedasnya belum hilang, ya?

Photo: merdeka.com

Sebagian dari kamu mungkin percaya air es bisa meredakan rasa pedas lebih cepat. Menambahkan es batu ke air dipercaya bisa mengatasi hal tersebut. Logikanya, rasa panas di lidah pasti bisa diademkan dengan air dingin. Benarkah begitu?

Sebelumnya kamu harus tahu bahwa cabai yang kamu makan mengandung capsaicin, yaitu zat kimia yang memberikan rasa pedas di lidah. Efeknya, makanan pedas dapat memicu keluarnya keringat dan bagi beberapa orang bisa menjadi penambah nafsu makan. Terlalu banyak mengonsumsi cabai bisa berpengaruh pada kesehatan pencernaan. Jadi, jangan terlalu sering makan makanan yang terlalu pedas ya, Inspirator!

Ternyata ada kekeliruan

Photo: merdeka.com

Masih banyak yang percaya kalau minum air es bisa meredakan rasa terbakar di lidah karena makan makanan pedas. Ternyata, air es tidak bisa meredakan pedas lebih cepat, lho! Justru susu yang bisa menghilangkan pedas lebih cepat. Susu mengandung zat kasein dan protein yang bisa merekat pada capsaicin, sehingga capsaicin akan menggumpal dan terangkut oleh kasein yang ada di susu. Produk susu lainnya seperti yogurt atau keju juga bisa membantu menghilangkan rasa pedas.

Kenapa air es tidak bisa menghilangkan rasa pedas?

Karena air es hanya terdiri dari air, tidak mengandung zat yang bisa menggumpalkan capsaicin. Menurut ahli pangan Indonesia, Profesor Winarno, air tidak bisa mengangkat zat capsaicin yang menempel di lidah. Air hanya akan meredakan rasa terbakar untuk sementara waktu saja. Jadi, sebanyak apa pun Inspirator minum air es, zat capsaicin yang menempel di lidah tidak akan terangkat.

Nah, mulai sekarang kalau ingin makan makanan pedas, siapkan susu atau yogurt ya, untuk menghilangkan kepedasanmu lebih cepat.

Omong-omong soal air es, selain tidak efektif untuk menghilangkan rasa pedas di lidah, katanya air es bisa bikin perut buncit lho. Inspirator pernah dengar seperti itu? Mitos atau fakta ya? InspiratorFreak punya jawabannya. Cari tahu di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here