Adakah Cara Ampuh Supaya Tidak Dikucilkan Teman Sekampus? Ikuti 3 Tips Ini!

Di kampus kemungkinan kamu punya masalah, entah dengan dosen atau teman. Masalah dengan teman sekampus paling umum terjadi. Mungkin kamu sering tidak diajak bicara oleh temanmu. Yang lebih parah, kamu dikucilkan mereka sehingga kamu tidak memiliki teman. Nah, pasti kamu tidak ingin dikucilkan teman sekampus kamu kan, Inspirator?

Artikel ini membagikan tips supaya kamu tidak dikucilkan teman sekampus.

1. Introspeksi diri

Supaya tidak dikucilkan teman kampus
Sumber: giphy

Introspeksi diri memegang peran penting, Inspirator. Tidak mungkin teman sekampus mengucilkanmu tanpa alasan jelas, kan? Pasti ada sifat atau perilakumu yang membuat teman kampus mengucilkanmu. Mungkin kamu sering bergosip, suka menyontek, sering berkata kasar, dan lain-lain. Jangan buru-buru menyalahkan orang lain. Coba introspeksi diri, apakah ada perilaku atau sifatmu yang membuat mereka tidak nyaman bergaul denganmu. Setelah kamu introspeksi diri, selanjutnya kamu harus memperbaiki diri.

2. Memperbaiki diri

Cara agar tidak dikucilkan teman kampus
Sumber: giphy

Kamu sudah introspeksi diri dan sudah tahu mengapa teman kampus mengucilkanmu, selanjutnya kamu harus berkomitmen untuk mengubah hal-hal yang membuat kamu dikucilkan. Jika kamu suka bergosip dan sering menyontek, jangan lakukan lagi.

Lalu, apakah dengan introspeksi diri dan memperbaiki diri sudah cukup membuat kamu tidak dikucilkan lagi? Masih ada syarat ketiga yang tidak boleh kamu abaikan, yaitu meningkatkan kualitas diri.

3. Meningkatkan kualitas diri

Cara agar tidak dikucilkan teman kampus
Sumber: giphy

Sekadar memperbaiki diri tidak cukup. Kamu harus meningkatkan kualitas dirimu, supaya teman sekampus melihat kamu sungguh sudah berubah. Contohnya, jika kamu suka menyontek, mulai sekarang belajarlah lebih giat supaya saat ujian kamu tidak menyontek lagi. Semoga dengan meningkatkan kualitas diri kamu tidak dikucilkan lagi dan hidup kamu lebih bahagia.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here