Ada Planet Mirip Bumi, Ini Penjelasan NASA

Ada Planet Mirip Bumi, Ini Penjelasan NASA
Foto: Cnnindonesia.com (reuters/NASA)

Ada temuan tim peneliti NASA yang mengejutkan, sebuah planet di luar sistem tata surya bernama HD189732b menyerupai bumi. Planet ini memiliki kemiripan dengan bumi karena tampilannya berwarna biru. Namun, benarkah planet ini mirip dan bisa dihuni layaknya bumi?

Planet HD 189733b pertama kali ditemukan NASA pada 2005, kemudian tim ilmuwan meneliti warnanya pada 2013 menggunakan teleskop Hubble dan instrumen ilmiah lain. Dari penelitiannya, NASA mengungkapkan bahwa kemiripan planet ini dengan bumi hanya sebatas dari warna permukaannya saja.  Ukuran planet ini jauh lebih besar dari Bumi dan hampir sama dengan ukuran planet Jupiter. Bahkan suhu permukaan planet ini lebih panas dibandingkan Bumi.

Seperti dilansir Space.com, Planet HD 189733b terletak di konstelasi Vulpecula, yakni sekitar 63 tahun cahaya dari Bumi. Kecepatan angin yang berhembus di sana bisa mencapai 8.700 kilometer per jam, atau setara tujuh kali lipat kecepatan suara.

Selain itu, planet ini mengorbit bintang induknya selama 2,2 hari. Orbitnya sangat dekat sehingga hanya satu sisi permukaannya yang terlihat dari sudut pandang bintang induknya. Tim peneliti NASA juga memiliki hipotesis bahwa hujan yang terjadi di HD 189733b bukan berbentuk air, melainkan kaca yang meleleh.

“Warna biru yang terpancar dari planet ini bukan berasal dari bayangan samudra tropis seperti Bumi, tapi atmosfer kusam yang mengandung awan berpartikel silikat,” terang pihak NASA.

Planet asing ini baru masuk di galeri “Galaxy of Horrors” khusus perayaan Halloween milik NASA. Sekadar diketahui, kemungkinan banyak planet yang memiliki tampilan biru seperti Bumi. Tentunya di tata surya sudah ada dua planet lain, yakni Uranus dan Neptunus.

Berbeda dari Bumi yang dipenuhi oleh lautan, dua planet gas ini memiliki atmosfer bagian atas yang mengandung metana sehingga mampu memantulkan warna gelombang biru jika terkena sinar Matahari.

Sumber: Cnnindonesia.com

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here