Ilustrasi

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya serta kearifan lokal yang sudah turun-temurun di setiap daerahnya. Sebaiknya, Anda bukan hanya sekedar menikmati perjalanan dan mengabadikan moment Anda lewat foto, Anda juga bisa mengenal Indonesia lebih dekat melalui keanekaragaman dan keunikan souvenir-nya. Rasanya kurang lengkap jika tidak membeli souvenir khas daerah-daerah di Indonesia. Apalagi itu bisa menjadi oleh-oleh buat sanak saudara di rumah. Berikut rekomendasi 9 souvenir pilihan yang telah kami rangkum :

1. Senjata Tradisional

Sumber: parapsikologi.com
Ilustrasi | Sumber : parapsikologi.com
Senjata yang bisa jadi souvenir Anda ini sudah dimodifikasi oleh pengrajinnya dengan hiasan berupa ukiran dengan motif yang memiliki makna. Rencong merupakan senjata tradisional yang melambangkan kebesaran para bangsawan dan keberanian para pejuang serta rakyat Aceh di masa penjajahan Jepang Belanda. Jika ingin melihat cara pembuatannya, Anda bisa bertandang langsung ke  Kecamatan Suka makmur yakni di Desa Baet Sibreh, Aceh Besar. Selain itu, ada Keris yang merupakan senjata tikam dengan bagian pangkalnya berbentuk tidak simetris dan melebar, bilahnya pun berkelok-kelok, dan banyak diantaranya pamor keris (damascene), yaitu terlihat serat-serat lapisan logam cerah pada helai bilah. Anda bisa berburu keris ke Indonesia bagian Barat dan Tengah.

2. Kupiah

Sumber: budaya-indonesia.org
Ilustrasi | Sumber : budaya-indonesia.org
Terdapat dua jenis kupiah yang bisa menjadi pilihanmu ketika berkunjung ke Aceh, yaitu kupiah meukutop dan kupiah riman. Secara historis, kupiah meukeutop (ikon kabupaten Aceh Barat ) indentik dengan topi kebesaran yang sering dipakai Teuku Umar, pahlawan nasional asal Aceh. Sedangkan, kupiah riman merupakan warisan Kesultanan Aceh Darussalam pada masa Sultan Iskandar Muda ini terbuat dari serat pohon aren. Jika ingin melihat proses produksi kupiah riman, Anda dapat berkunjung ke Desa Dayah Adan, Kecamatan Mutiara Timur, Kabupaten Pidie.

3. Kain

Sumber: pasarkaki5.blogspot.com
Ilustrasi | Sumber : pasarkaki5.blogspot.com
Indonesia menjadi surganya para kolektor kain. Ketika Anda berkunjung ke Medan, Anda bisa membeli Ulos (khas Batak). Kalau Anda ke Padang, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan atau Lampung, Anda bisa membeli Songket. Kalau kalian ke Pulau Jawa, Anda bisa menemukan salah satu warisan dunia yang sudah diakui UNESCO, yaitu Batik. Sedangkan, Tenun merupakan teknik dalam pembuatan kain yang dibuat dengan prinsip yang sederhana, yaitu dengan menggabungkan benang secara memanjang dan melintang.  Kain tenun biasanya terbuat dari serat kayu, kapas, sutra, dan lainnya. Anda bisa menemukan Tenun khas Lombok di Desa Sade dan Kecamatan Bayan (Lombok Utara). Setiap daerah memiliki ciri khas motif tersendiri untuk berbagai jenis kain tersebut. Harga per kain pun tergantung jenis dan proses pembuatannya.

4. Miniatur

Sumber: indonesian.alibaba.com
Ilustrasi | Sumber : indonesian.alibaba.com
Anda mau bisa membawa pulang Monas? Atau Borobudur? Prambanan? Jam Gadang? Atau Rumah Adat? Tenang saja, Anda masih bisa membawa pulang ikon daerah-daerah tersebut dalam bentuk miniatur ataupun gantungan hingga magnet kulkas. Anda bisa menemukan itu semua di lapak para pedagang yang biasa berjualan dekat ikon daerah tersebut.

5. Pahatan atau Ukiran

Sumber: rockaroundasia.com
Ilustrasi | Sumber : rockaroundasia.com
Arca yang mirip dengan arca di candi Borobudur juga bisa Anda dapatkan di Muntilan. Atau saat Anda berkunjung ke Gianyar, Bali, banyak pengrajin yang menghasilkan pahatan atau ukiran yang bernilai seni tinggi dengan harga yang sepadan. Ukiran setiap daerah pun berbeda-beda dengan motif yang khas.

6. Alat Musik Tradisional

Sumber: redwhiteindonesia.wordpress.com
Ilustrasi | Sumber : redwhiteindonesia.wordpress.com
Jika anda suka alat musik dan ingin mencari alat musik yang tidak merepotkan liburanmu, alat musik Panting (Kalimantan Selatan), Angklung (Jawa Barat), dan Sasando (Nusa Tenggara Timur) wajib Anda masukkan ke list belanjaanmu. Panting dan sasando merupakan alat musik yang dipetik atau disentil, sedangkan angklung dimainkan dengan cara digoyangkan. Ketiga alat musik tersebut terbuat dari bambu sehingga ringan dibawa dan dimensinya tidak terlalu besar, serta look-nya juga bagus untuk sebuah pajangan di rumah Anda.

7. Wayang

Sumber: eastjava.com
Ilustrasi | Sumber : eastjava.com
Wayang (pertunjukan bayangan boneka) merupakan suatu seni dalam adat Jawa dan Bali yang menceritakan sebuah kisah tertentu. Wayang kulit, wayang golek, dan masih banyak lagi jenis wayang yang bisa Anda bawa pulang ketika berkunjung ke Indonesia. Banyak karakter tokoh yang bisa Anda pilih karena setiap karakter tokoh memiliki latar belakang atau makna yang berbeda.

8. Koteka dan Noken

Sumber: icollector.com
Ilustrasi | Sumber : icollector.com
Berburu souvenir unik dengan nuansa kayu dan temali, maka Pasar Hamadi, Papua menjadi pilihan tepat. Anda bisa menemukan Koteka berbagai ukuran hingga sampai patung dan asbak dengan desain suku Asmat. Setiap koteka biasanya diberikan lukisan dengan motif-motif suku di Papua. Sedangkan, Noken merupakan tas khas suku di Papua.

9. Batu Mulia

Sumber: siloka.com
Ilustrasi | Sumber : siloka.com
Bagi kolektor batu mulia, Anda bisa mengumpulkan batu alam yang banyak tersebar di beberapa daerah Indonesia. Mulai dari harga termurah hingga termahal dapat Anda temui. Bahkan para kolektor batu mulia pun rela berkunjung ke Martapura (Kalimantan Selatan) demi mendapatkan Intan di kota intan tersebut. Kemudian, ada Kalimaya di Banten, Bacan Hijau di Halmahera, dan masih banyak lagi. Mulai dari Sabang sampai Merauke, dari Mianggas hingga Pulau Rote, banyak hal yang Anda bisa pelajari dari setiap daerah. Setiap daerah pun menyajikan pengalaman yang luar biasa dan menarik. Jadi, nikmatilah perjalanmu dengan mengenal setiap daerah dengan lebih dekat.   Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspirator_freak web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY