9 Hal Ini Bisa Membuat Kemampuan Fotografi Kamu Meningkat

Sumber:

Meningkatkan kemampuan dalam fotografi bukan hanya dengan mengandalkan kekuatan pada kualitas perangkat kamera yang kamu punya melainkan juga melalui sejumlah hal seperti latihan dan membaca agar kualitas fotografimu bertambah. Practice Make Perfect, beberapa hal ini bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu dalam fotografi:

  1. Maksimalkan Fokus Kamu dalam Memanfaatkan Performa Kamera Saat Ini
    Sumber: publicdomainpictures.net
    Sumber: publicdomainpictures.net

    Ketika kamu memiliki kamera, barangkali pernah terlintas kalo gear yang kamu pegang saat ini memiliki performa yang kurang. Perasaan iri dan keinginan supaya kamu bisa dapet kamera baru atau lensa baru juga pastinya pernah melintas di pikiran kamu. Kalau kamu memang memiliki uang yang cukup untuk mengupgrade atau mengganti gear kamu sah-sah aja, tapi gimana kalo kamu enggak punya duit?. Berpikir jernih, mencari jalan alternatif menghadapi keterbatasan kamu bisa melatih kepekaan kamu agar bisa menghasilkan karya yang baik dengan kamera yang saat ini kamu punya.

  2. Selalu Gunakan Kameramu dalam Berbagai Kesempatan
    Sumber: petapixel.com
    Sumber: petapixel.com

    Kecanggihan dalam perkembangan teknologi kamera memungkinkan kamera saat ini bisa dengan mudah dibawa kemana-mana dan tentunya kamu bisa dengan mudah memotret dalam berbagai kesempatan seperti saat di kampus, kantor, perjalanan pulang dengan kereta atau bus, acara ulang tahun teman, acara pernikahan, nongkrong di taman, dan berbagai kesempatan lainnya. Secara tidak langsung, kemampuanmu akan ikut terasah.

  3. Belajar dari Fotografer Terkemuka Seperti Henri Cartier-Bresson
    Sumber: dodho.com
    Sumber: dodho.com

    Banyak para fotografer terkemuka dari tempo dulu hingga kini yang mampu menghasilkan karya-karya yang luar biasa dan bisa dijadikan sebagai panutan. Misalnya, kamu bisa belajar dari Henri Cartier-Bresson, pemotret klasik yang disebut sebagai father of photojournalism ini mampu memanfaatkan kamera untuk menghasilkan foto-foto yang berkualitas. Darinya kita bisa belajar bahwa sebenarnya terlalu banyak peralatan dapat menjadi pengalih perhatian ketika memotret. Mempelajari Cartier-Bresson dalam menghasilkan foto yang berkualitas mampu mengembangkan rasa dan pikiran kita saat menekan shutter. Hal itu tentunya dapat membuat perbedaan besar daripada sibuk memikirkan pembelian lensa atau kamera baru.

    Beberapa pemotret dalam negeri seperti Arbain Rambey, Darwis Triadi, Nicoline Patricia Malina juga bisa dijadikan sebagai panutan atau referensi kamu dalam mempelajari fotografi seperti mengikuti akun media sosial mereka.

  4. Baca Buku-Buku Fotografi
    Sumber: http://johnedwinmason.typepad.com/
    Sumber: http://johnedwinmason.typepad.com/

    Buku-buku mengenai fotografi mulai dari yang membahas teknik dasar fotografi hingga buku-buku foto karya para fotografer terkemuka bisa menambah wawasan kamu mengenai fotografi.

  5. Gunakan JPEG daripada RAW
    Sumber: http://downloadicons.net/
    Sumber: http://downloadicons.net/

    Ketika menggunakan kamera, kamu akan disediakan beberapa output foto yang bisa dipilih. Output foto yang dihasilkan dari kamera terdiri dari dua jenis yaitu JPEG dan RAW. Penggunaan format RAW bisa menjadi jalan aman ketika kamu melakukan pemotretan, karena hasilnya yang bersifat mentah, membuat kamu leluasa dalam memoles foto jika foto tersebut memiliki kualitas hasil yang kurang. Namun jika kamu menggunakan JPEG kamu akan dilatih untuk berpikir secara matang ketika menggunakan kamera kamu agar jangan sampai hasilnya tidak bagus karena JPEG tidak bisa memberikan keluwesan dalam menjalankan editing. Jika ternyata selama memotret hasilnya tidak bagus, kamu akan belajar dari kesalahan yang telah diperbuat dari foto-foto sebelumnya.

  6. Nonton Film atau Video tentang Fotografi
    Sumber: collider.com
    Sumber: collider.com

    Begitu banyak berbagai video tentang fotografi yang ada di era digital saat ini yang bisa kamu tonton, salah satunya melalui YouTube. Berbagai channel seperti DigitalRev, PHLEARN, Adorama TV, hingga channel yang dikelola oleh individu seperti Eric Kim, Matt Granger, Mike Browne bisa kamu manfaatkan. Atau film-film seperti The Bang-Bang Club, Everybody Street, War Photographer, City of God, An Unlikely Weapon juga bisa kamu tonton dalam memahami seperti apa fotografi yang berkualitas.

  7. Bikin Project Fotografi 
    Sumber: http://clickitupanotch.com/
    Sumber: http://clickitupanotch.com/

    Menetapkan sendiri tujuan dan parameter kamu dalam fotografi adalah cara yang bagus untuk mengasah mata kamu dalam menghasilkan foto yang berkualitas. Dengan memulai sebuah proyek fotografi kamu akan mendorong diri sendiri untuk menghasilkan karya yang terbaik melalui kamera kamu. Kamu bisa mencoba dari proyek kecil seperti 365 foto, mengambil satu foto sehari selama satu tahun dengan lensa tertentu. Atau kamu juga bisa memilih tema tertentu seperti efek warna, emosi, lokasi, peristiwa?

  8. Gabung Komunitas Fotografi
    Sumber: todayonline.com
    Sumber: todayonline.com

    Indonesia sendiri tentunya memiliki beragam komunitas fotografi yang bisa kamu ikuti tentunya sesuai dengan minat kamu. Bergabung dengan komunitas kamu bisa hunting foto bareng, belajar hingga berdiskusi soal fotografi. Kamupun juga bisa mencari mentor yang bisa membantu kamu meningkatkan kemampuanmu dalam fotografi.

  9. Datang ke Pameran Foto atau Lukisan

    Sumber: nicholasgrundy.com
    Sumber: nicholasgrundy.com

    Menghadiri pameran foto atau lukisan bisa mengajarkan dan mengilhami diri sendiri. Melalui pameran kita bisa melihat bagaimana sang seniman memanfaatkan warna, cahaya, bayangan, garis, komposisi, sudut pengambilan gambar dan sebagainya dalam menghasilkan gambar yang apik.

Inspirator Freak

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Dylan Aprialdo Rachman

Editor   : Dylan Aprialdo Rachman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here