8 Rumah Pohon Unik Nan Artistik Ini Bakal Bikin Kamu Gak Pengen Pulang

rumah pohon
Foto: Nationalgeographic.com

Weekend telah tiba! Menghabiskan liburan dimanakah Inspirator sabtu minggu ini? Di rumah saja, tempat wisata, atau berpetualang di tempat-tempat menantang? Apapun itu, enjoy it! Sejatinya, liburan adalah momen bagi kita untuk bersenang-senang, melepas penat dan menemukan inspirasi baru.

Nah, bicara bersenang-senang, melepas penat dan mencari inspirasi baru, Inspirator Freak punya info menarik nih tentang referensi liburan yang bisa mendatangkan inspirasi. Apalagi buat Inspirator yang menyukai tempat liburan yang tenang, sejuk, dan menyatu dengan alam, rumah pohon.

Berbeda nih dengan rumah pohon yang sering kita temukan, kecil dan hanya sekadar ada untuk latar swafoto atau selfie. Daftar rumah pohon dibawah ini lebih dari itu. Artistik, instagramble, homey, bisa ditinggali dan bikin Inspirator enggan pulang! Salah satunya ada di Indonesia loh.

  1. Tranquil Resort: India

Foto: Nationalgeographic.com

Tranquil Resort merupakan kawasan pribadi yang terletak di perkebunan kopi dan rempah-rempah di hutan hujan Kerala utara, India. Rumah pohon di kawasan ini cukup terbatas, hanya ada tujuh kamar dan dua rumah pohon. Rumah pohon Tranquil terbuat dari kayu kopi lokal, dan menghadap ke perkebunan 45 kaki di bawah dari cabang-cabang pohon.

  1. Treehotel: Swedia

Foto: Nationalgeographic.com

Arsitek Swedia merancang rumah pohon dengan desain yang berbeda-beda sehingga merancang tujuh kamar menawarkan sensasi unik yang berbeda. Salah satu yang paling banyak dicari adalah ruang bertema UFO.

  1. Gibbon Experience: Laos

Foto: Nationalgeographic.com

Gibbon Experience adalah petualangan dua atau tiga hari ke beberapa kanopi hutan paling murni di negara ini, lengkap dengan serangkaian zipline yang dapat dilayari yang melintasi properti dan beberapa pohon tertinggi. Rumah pohon ini menjadi misi mereka untuk melestarikan hutan hujan yang mengelilinginya dari ancaman seperti perburuan, dan penebangan kayu.

  1. Green Village Bamboo House: Bali, Indonesia

Foto: indonesia.tripcanvas.co
Foto: indonesia.tripcanvas.co

Rumah pohon yang satu ini berasal dari bali. Terdiri dari 6 lantai, bangunan dari bambu yang dirancang oleh desainer serta arsitek ternama John Hardy ini berdiri di tepi Sungai Ayung yang dikeramatkan oleh masyarakat Bali. Bahkan rumah pohon dari bambu ini pernah ditayangkan di acara Morning Show di saluran televisi Amerika Serikat,  CBS serta diulas di halaman muka New York Magazine.

  1. Free Spirit Spheres, Kanada

Foto: Nationalgeographic.com

Sang penemu, Tom Chudleigh menciptakan bola kayu buatan tangan ini terinspirasi oleh konstruksi perahu layar, dan menggunakan teknik inovasi biomimikri, desain yang terinspirasi dari alam. Bola bola ditambatkan diantara pepohonan. Penghuni rumah pohon ini akan dibawa lebih dekat dengan alam dan diingatkan akan keterhubungannya dengan ekosistem.

  1. Finca Bellavista: Kosta Rika

Foto: Trover.com

Sekitar satu dekade yang lalu, Erica dan Matt Hogan menemukan sebidang tanah yang dipasarkan sebagai lokasi penebangan kayu. Hal ini kemudian mendorong mereka untuk menyelamatkan tanah dari deforestasi dan mengubahnya menjadi Finca Bellavista.

  1. Lion Sands Game Reserve: Afrika Selatan

Foto: Outsidego.com

Lion Sand Game Reserve merupakan resort yang berada di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan. Berada diantara padang gurun yang luas, rumah pohon di tempat ini menyajikan pemandangan gurun, matahari terbenam dan bintang serta suara binatang yang akan ditemuinya esok harinya.

  1. Airbnb Georgia, Amerika Serikat

Foto: Wabe.com

Rumah pohon ini terletak hanya beberapa menit dari keramaian dan hiruk pikuk pusat kota Georgia. Rumah pohon ini dirancang dan dibangun oleh Peter Bahouth, mantan eksekutif Greenpeace dan direktur eksekutif U.S. Climate Action Network. Rumah pohon ini dilengkapi dengan interior antik, salah satunya adalah jendela berusia 80 tahun dari Kuil Masonik di South Carolina.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here