8 Jenis Phobia Aneh Dan Unik Pada Manusia, Apakah Kamu Mengalami Salah Satunya?

Phobia unik dan aneh
sumber: lintasnews.com

Phobia atau rasa takut berlebihan yang dialami oleh seseorang terhadap sesuatu memang sangat banyak jenisnya. Tapi tahukah anda? Dari sekian banyak phobia yang  tercatat, beberapa diantaranya tergolong ke dalam phobia yang aneh dan unik. Apa saja ya kira-kira? Yuk kita ungkap bersama-sama

  1. Venustraphobia/Ketakutan pria saat berada dekat wanita cantik

Phobia unik dan aneh
Sumber: stribawono.blogspot.com

Pengalaman tidak menyenangkan tentang wanita cantik di masa lalu bisa menjadi salah satu penyebab phobia ini. Venustraphobia atau Caligynephobia merupakan ketakutan yang dialami oleh pria saat berada dekat wanita cantik. Seorang pria yang menderita Venustraphobia akan mengeluarkan keringat, jantung berdegub lebih kencang dan gemetar saat berada di dekat wanita cantik.

  1. Pognophobia/Ketakutan wanita melihat pria berjanggut

Phobia unik dan aneh
Sumber: physicologis.co.uk

Pognophobia adalah ketakutan berlebih saat seorang wanita melihat pria berjanggut. Bukan sekedar takut saja, seorang wanita yang mengidap pognophobia bisa sampai berteriak histeris setiap kali berdekatan atau sekedar melihat pria yang berjanggut.

  1. Ketakutan berlebih terhadap opini orang

Phobia unik dan aneh
Sumber : learn-by-video.com

Seseorang yang menderita Allodoxophodia sering kali tidak menyadari bahwa dirinya menderita phobia ini. Allodoxophedia merupakan phobia atau ketakutan berlebih terhadap opini orang. Penderita Allodoxophobia akan merasa tidak nyaman saat menerima opini dari orang lain.

  1. Amychophobia/takut menyentuh goresan

Phobia unik dan aneh
Sumber: worldwide.chat

Amychophobia juga termasuk jenis phobia yang sangat aneh. Bagaimana tidak, seorang penderita Amychophobia akan mengalami perasaan takut yang luar biasa ketika melihat atau menyentuh goresan. Phobia jenis ini juga merupakan salah satu phobia yang sangat merepotkan penderitanya, karena dalam kasus lain penderita phobia ini juga akan merasa takut jika bagian tubuhnya tergores. Seperti tergores oleh kuku sendiri dan sebagainya.

  1. Bibliophobia/takut terhadap buku yang dia baca dan yang tidak dibaca

Phobia unik dan aneh
Sumber: dailymotion.com

Bibliophobia berasal dari bahasa Yunani, yakni biblio yang artinya buku dan phobia yang artinya ketakutan. Jadi bibliophobia adalah perasaan takut yang berlebih terhadap buku yang dia baca maupun yang tidak dibaca. Jika tidak diobati, penderita phobia ini akan sulit mendapatkan informasi atau mempelajari ilmu yang berada di dalam buku.

  1. Nomophobia/ketakutan berlebih jauh dari handphone

Phobia unik dan aneh
sumber: lintasnews.com

Phobia ini tergolong umum, disadari atau tidak, sebagian orang di dunia ini sudah mengalami phobia ini. Mungkin anda salah satunya. Nomophobia adalah perasaan cemas dan ketakutan berlebih ketika seseorang jauh dari handphonenya. Mereka akan merasa sangat panik saat handphonenya hilang atau ketinggalan.

  1. Philophobia/takut untuk mencintai dan dicintai

Phobia unik dan aneh
Sumber: merdeka.com

Jika pada umumnya seseorang akan merasa senang saat jatuh cinta, atau saat dicintai dan mencintai orang lain, berbeda halnya dengan penderita philophobia. Penderita philophobia lebih menyukai kesendirian dan cenderung takut untuk mencintai dan dicintai. Mereka bahkan sangat menghindari jatuh cinta dan lebih menyukai melakukan apapun seorang diri atau tanpa pasangan.

  1. Pentheraphobia/ketakutan saat berada di dekat mertua

Phobia unik dan dan aneh
Sumber: virginradio.fr

Phobia yang satu ini banyak dialami pasangan menikah. Apakah kalian yang sudah menikah sering merasa takut saat berada di dekat mertua? Bisa jadi itu salah satu gejala Pentheraphobia, atau ketakutan yang berlebih saat anda berada di dekat mertua. Terdengar agak konyol memang, tapi seorang yang menderita penteraphobia akan merasa sangat cemas, takut bahkan sampai merasa mual ketika dekat dengan mertua sendiri. Ketakutan tersebut muncul karena mereka takut berbuat salah atau bertingkah memalukan di depan mertuanya.

(Dewi Nurjanah/II)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here