8 Fenomena Alam Paling Memukau di Dunia–Salah Satunya Ada di Indonesia Tidak, Ya?

Photo: merdeka.com | Fly Geyser Nevada

Bumi tempat tinggal kita menyimpan begitu banyak fenomena alam memukau lho, Inspirator. Kamu pasti semakin kagum setelah melihat delapan fenomena alam paling memukau di dunia ini. Kira-kira, fenomena alam itu ada di mana saja, ya? Apakah salah satunya ada di Indonesia? Yuk, kita cek!

1. Air bercahaya di Tasmania

Photo: vebma.com

Sungai Derwent yang ada di Tasmania, pesisir selatan Australia, menampilkan pemandangan air bercahaya yang unik dan indah. Permukaan airnya menampilkan cahaya biru karena di dalamnya terdapat tempat tinggal organisme laut yang memiliki zat bioluminescent--cahaya yang dipancarkan dari organisme hidup–sehingga lautan tampak berkilau secara ajaib. Indah sekali, bukan?

2. Mendenhall Ice Caves di Juneau, Alaska

Photo: 1photo1day.com | Mendenhall Glacier

Berbeda dengan gua pada umumnya, Alaska punya gua es yang memungkinkan kamu untuk melakukan petualangan-petualangan seru dalam gletser. Berani mencoba?

3. Rainbow Mountain di Andes, Peru, dan China

Photo: thejakartapost.com | Rainbow Mountain Peru

Gunung tujuh warna atau sering disebut Gunung Vinicunca kini menjadi destinasi populer bagi wisatawan. Warna gunung yang terletak di Peru ini tampak seperti pelangi, lho. Unik sekali, bukan?

Photo: Xin Ran | Rainbow Mountain China

Selain itu, di China juga terdapat pegunungan pelangi paling terkenal di dunia. Namanya Landform Zhangye Dania di Tiongkok dan sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Kalau kamu sempat berkunjung ke Tiongkok, rencanakan untuk melihat langsung warisan dunia ini ya, Inspirator.

4. Grand Prismatic Spring di Taman Nasional Yellowstone, Wyoming

Photo: travel.trubus.id | Grand Prismatic Spring

Sumber mata air panas seukuran lapangan sepak bola ini diselimuti warna kuning, hijau, biru, dan oranye yang merupakan hasil sekresi bakteri pecinta panas. Meskipun airnya indah dan unik, jangan coba-coba menyentuhnya, apalagi berendam di sini. Sebab suhu airnya mencapai 170 derajat Fahrenheit. Cukup dinikmati dengan mata saja ya, Inspirator.

5. Blue Fire Kawah Ijen, Jawa Timur

Photo: goodnewsfromindonesia.id | Blue Fire Kawah Ijen

Gunung Ijen termasuk gunung berapi aktif di Indonesia. Pada malam hari, wisatawan dapat melihat blue fire atau api biru listrik yang berasal dari belerang. Waktu terbaik untuk melihat fenomena alam ini adalah pukul 01.00-02.00 dini hari. Jalan menuju kawah ini cukup curam, jadi harus hati-hati.

6. Geyser di Washoe County, Nevada.

Photo: merdeka.com | Fly Geyser Nevada

Semburan air panas yang terletak di Nevada ini awalnya merupakan sumur galian sumber daya geotermal yang akan ditutup kembali. Sayang, upaya penutupannya tidak berhasil karena sumur itu terus menyemburkan mineral yang akhirnya mengendap di sekitar geyser dan membentuk gundukan. Akibat kandungan mineral yang tinggi dan beraneka ragam, Fly Geyser menjadi tempat berkembang biak ganggang yang tubuhnya mengeluarkan pigmen. Tertarik untuk berkunjung?

7. Aurora Borealis di Norwegia Utara

Photo: slate.com | Aurora Borealis

Pertunjukan cahaya atau Aurora Borealis ini dapat dilihat di banyak tempat seperti Alaska, Islandia, Kanada, dan Greenland. Tetapi, tempat terbaik untuk melihat fenomena alam ini adalah di Norwegia Utara, dekat kota Tromso.

8. Dallol, Etiopia

Photo: adventureherald.com | Dallol di Euthopia

Tempat ini resmi menjadi tempat terpanas di planet Bumi karena dipenuhi garam yang terbakar, batu vulkanik, dan asam sulfat dengan suhu tahunan rata-rata sekitar 94 derajat Fahrenheit.

Itulah delapan fenomena alam paling memukau di dunia. Menurutmu, mana yang paling memukau, Inspirator?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here