8 Fakta Unik tentang Wonder Woman yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Nonton

Tepat pada tanggal 31 Mei besok, salah satu film dari DC Comics berjudul Wonder Woman resmi dirilis di Indonesia. Bagi para penggemar komik dan film superhero, tentunya Wonder Woman menjadi daya tarik tersendiri untuk ditonton setelah sebelumnya kita lebih sering disuguhi film-film besutan Marvel Studios. Selain itu, pada waktu penayangan perdana di luar negeri, film ini mendapat berbagai respon positif dari para audiens maupun kritikus film dikarenakan filmnya mengandung cerita yang dalam, detail, serta mengandung kadar humor yang baik sehingga membuat film ini tidak membosankan.

Sebelum menonton film ini, alangkah baiknya Inspirator mengetahui beberapa fakta unik terkait dengan sosok Wonder Woman dan pencipta karakternya, bernama William Moulton Marston.

  1. Karakter Wonder Woman Merupakan Permintaan dari Istri Marston
    Elizabeth Holloway Marston, istri dari psikolog Marston yang memberikan ide kepada suaminya untuk menciptakan Wonder Woman | Sumber: feministvoices.com

    Siapa sangka seorang Marston sebenarnya memiliki profesi multitalenta sebagai psikolog, peneliti dan penulis komik. Pada era 1940-an hampir seluruh karakter yang dibuat oleh DC Comics mayoritas merupakan karakter laki-laki, seperti Green Lantern, Batman, dan Superman. Marston diminta untuk menciptakan superhero lainnya, namun sang istri, Elizabeth Holloway Marston meminta suaminya untuk menciptakan superhero perempuan yang tangguh, melakukan perlawanan bukan hanya dengan kekuatan fisik namun juga dengan kekuatan cinta dan kasih sayang.

  2. Diciptakan sebagai Simbol Emansipasi Perempuan
    Gal Gadot sebagai Diana Prince atau Wonder Woman | Sumber: squarespace.com

    Marston mengatakan bahwa karakter Wonder Woman merupakan bentuk ide perlawanan kaum perempuan yang terjebak dalam paradigma laki-laki sebagai sosok yang lemah, terkekang oleh sistem, di bawah derajat kaum laki-laki. Melalui Wonder Woman, Marston ingin menggambarkan gerakan perempuan yang mulai membangkitkan kesetaraan kewajiban dan haknya dengan laki-laki. Ia pun menyebutkan kekuatan Wonder Woman sedikit mirip dengan Superman, namun Wonder Woman dilengkapi dengan karakter kasih sayang, kepedulian, cinta yang tinggi.

    Hal itu berdasarkan kepercayaan Marston bahwa kaum perempuan bisa lebih baik dari kaum laki-laki, bahkan bisa menjadi pemimpin ke depannya. Dan prediksi Marston terbukti di era globalisasi sekarang, perempuan memiliki kesataraan hak dan kewajiban, bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi pemimpin.

  3. Awalnya Bernama Suprema

    Rancangan karakter Wonder Woman | Sumber: amazingstoriesmag.com

    Pada awal penciptaan karakter, sebutan yang melekat pada sosok Diana Prince ini adalah Suprema. Nama ini mengacu pada pandangan Marston yang menyebutkan kalau Diana Prince adalah versi feminim dari Superman. Namun ia pun mengubahnya menjadi Wonder Woman karena nama Suprema tidak begitu populer. Marston menganggap nama Wonder Woman adalah nama yang pas dalam menggambarkan Diana sebagai sosok yang perempuan yang tangguh, cerdas dan penyayang.

  4. Mesin Deteksi Kebohongan Menginspirasi Lasso of Truth

    Alat Deteksi Kebohongan karya Marston yang menginspirasi dirinya menciptakan Lasso of Truth sebagai senjata Wonder Woman | Sumber: scientificamerican.com

    Marston pernah membuat alat deteksi kebohongan pertama di dunia. Dari temuannya itulah ia terinspirasi untuk menciptakan Lasso of Truth (Tali Laso Kebenaran) sebagai salah satu senjata Wonder Woman dalam melakukan perlawanan dan membongkar setiap kebohongan yang ada.

  5. Lebih Kuat dari yang Dibayangkan

    Sumber: dccomics.com

    Diana Prince didukung persenjataan dan perlindungan lengkap untuk melakukan perlawanan terhadap musuh. Mulai dari perisai, armor di pergelangan tangan, Laso Kebenaran, pedang hingga panah menjadi peralatan tempur Diana di lapangan. Di sisi lain ia dianugerahi indera yang kuat dari stamina, penglihatan, penciuman, pendengaran, sentuhan dan kecerdasan.

  6. Sosok yang Terkadang Polos

    Sumber: Comic Book Movie.com

    Jika kamu melihat berbagai cuplikan trailernya, kamu akan melihat sosok Diana yang diperankan oleh Gal Gadot sebagai superhero yang polos. Kepolosannya ini kerapkali mengundang tawa bagi para penikmat Wonder Woman. Hal itu terjadi dikarenakan Wonder Woman berasal dari Amazon yang terisolasi dari luar, ia pun ditugaskan ke “dunia luar” untuk menegakkan misi perdamaian dan menghentikan Perang Dunia. Agaknya Diana tidak terbiasa dan harus beradaptasi dengan kebiasaan di dunia luar tersebut. Terkadang sikapnya yang nyeleneh membuat kita mengernyitkan dahi, geleng-geleng kepala dan tersenyum.

  7. Penggemar Es Krim
    Salah satu adegan di animasi Justice League War ketika Diana mencicipi Es Krim | Sumber: imgur.com

    Jika kamu melihat serial animasinya berjudul Justice League War maupun cuplikan trailer film terakhir yang dirilis oleh Warner Bros, kamu akan mendapati Wonder Woman sangat antusias ketika bertemu tukang es krim. Antusiasmenya semakin tinggi ketika ia mencicipi es krim, ekspresi kenikmatan yang sangat jujur dan polos itu acapkali mengundang tawa mereka yang melihat adegan itu. Bagi Diana, memakan es krim merupakan sebuah kebanggaan yang tak ternilai. Diana pun menilai kalau para penjual es krim harus memiliki kebanggaan yang besar karena mereka mampu menghasilkan makanan dingin yang lezat dengan variasi rasa.

  8. Bisa Mengangkat Palu Mjolnir Milik Thor
    Wonder Woman mengangkat palu Mjolnir, milik Thor | Sumber: denofgeek.com

    Komik Marvel dan DC memang kerapkali pernah melakukan cross over karakter satu sama lainnya. Dalam komik “DC VS Marvel”, diceritakan bahwa Diana menemukan palu milik Thor pada saat perang melawan Storm, dan dia berhasil mengangkat palu tersebut dengan mudah. Namun, Wonder Woman lebih memilih untuk berlawan dengan adil dan melepaskan palu tersebut. Meskipun akhirnya dia kalah, kehebatannya tetap dikagumi banyak orang. Walhasil, ia menjadi salah satu dari 8 superhero yang bisa mengangkat Mjolnir.

    Keep Breathing, Keep Inspiring!

    Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here