Wisata Unik
Ilustrasi

Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara, begitu banyak tempat wisata unik dan indah yang ada di negara ini. Tak hanya wisata alam, namun juga terdapat wisata sejarah yang diakui dunia. Yuk tambah wawasan seputar keunikan dan keindahan tempat-tempat wisata di Indonesia. Check it out!

1. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Wisata Unik
Salju Panas Dolok Tinggi Raja | Sumber : phinemo.com
Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah sebuah objek wisata kawah putih yang berada di dalam Kawasan Cagar Alam Dolok Tinggi Raja, terletak di Kecamatan Silau Kahen, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Nama salju panas karena warna kawahnya putih seperti salju dan terdapat mata air panas. Jika Inspirator bosan dengan objek wisata yang berupa pantai ataupun gunung, cobalah untuk berkunjung ke Salju Panas Dolok Tinggi Raja!

2. Danau Toba

Wisata Unik
Danau Toba | Sumber : pesonacakrawala.com
Danau Toba merupakan sebuah danau tekto-vulkanik yang terletak di Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara. Terdapat Pulau Samosir di tengah danau ini. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia sekaligus menjadi danau terbesar di Asia Tenggara. Tak hanya itu, Danau Toba juga masuk dalam daftar keajaiban dunia. Jika berkunjung ke sini, Inspirator dapat berenang di tepi danau untuk menikmati segarnya air danau ini atau menyeberang ke Pulau Samosir dan menikmati pemandangan dari tengah danau.

3. Cukang Taneuh

Wisata Unik
Cukang Taneuh | Sumber : youkeepustraveling.com
Cukang Taneuh atau yang biasa disebut Green Canyon merupakan sebuah objek wisata yang berbentuk ngarai yang terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Green Canyon sebenarnya merupakan pelesetan dari Grand Canyon yang merupakan ngarai yang ada di Amerika Serikat. Mata kamu akan dimanjakan dengan rimbunnya pepohonan, hijau teduhnya air, dan air terjun di mulut gua. Jika berkunjung ke sini, Inspirator juga dapat berenang, memanjat tebing, atau mengarungi ngarai ini menggunakan sampan.  

4. Candi Prambanan

Wisata Unik
Candi Prambanan | Sumber : worldheritage.routes.travel
Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi dan merupakan situs warisan dunia UNESCO. Arca Siwa setinggi tiga meter bersemayam di ruang utama candi ini. Pada malam hari setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu ada pertunjukan Tari Ramayana di kompleks candi ini yang berlangsung dari pukul 19.30-21.30 WIB.

5. Candi Borobudur

Wisata Unik
Candi Borobudur | Sumber : stylepinner.com
Candi Borobudur merupakan candi Buddha yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini berbentuk stupa yang diperkirakan dibangun pada abad ke-9 Masehi oleh para penganut agama Buddha Mahayana di masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini terdaftar sebagai salah satu keajaiban dunia dan termasuk salah satu situs warisan dunia UNESCO. Pada saat hari raya Waisak, candi ini akan ramai didatangi oleh umat Buddha dari Indonesia dan mancanegara.

6. Pulau Komodo

Wisata Unik
Pulau Komodo | Sumber : wisataindonesia.co.id
Pulau Komodo merupakan habitat asli hewan komodo. Pulau ini berada di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo merupakan satu dari tujuh keajaiban dunia dan merupakan salah satu warisan dunia UNESCO. Selain unik karena dihuni ribuan komodo, pantai ini juga memiliki pantai-pantai yang indah. Benar-benar tempat wisata yang luar biasa.

7. Kepulauan Raja Ampat

Wisata Unik
Kepulauan Raja Ampat | Sumber : intersailclub.com
Kepulauan Raja Ampat merupakan empat gugusan pulau yang terletak di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Empat gugusan pulau ini masing-masing memiliki nama, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Kepulauan Raja Ampat terkenal dengan alam bawah lautnya yang mempesona dan menjadi tujuan para penyelam. Flora dan fauna bawah air di sini terbilang sangat lengkap loh! Menakjubkan! Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan tempat wisata yang indah, jelajahilah Indonesia dan temukan keindahan yang tak kalah dari tempat-tempat wisata di luar negeri. Selamat menjelajahi Indonesia ya Inspirator!   Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Bayu Andika Editor   : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)  

LEAVE A REPLY