7 Wisata Pulau Tidore Yang Membuat Liburanmu Tak Bisa Tidur

Foto: Ivacanza.co

Halo, Inspirator! Long weekend kali ini sudah ada rencana mau kemana? Jika belum ada rencana akan berlibur di mana, Pulau Tidore bisa jadi pilihannya! Kota yang baru saja menggelar Festival Tidore 2017 ini dicanangkan menjadi museum maritim dunia! Wow! Dengan demikian, kota ini menyimpan banyak potensi wisata yang tak bisa Inspirator lewatkan. Ada wisata apa saja disana? Yuk simak ulasannya.

  1. Festival Tidore & Museum Maritim Dunia

Foto: Inovasee.com

Kota Tidore merupakan salah satu kota di Maluku Utara yang sudah terkenal sejak zaman dahulu karena komoditas rempah-rempahnya yaitu Cengkeh dan Pala. Kota yang pernah diperebutkan oleh bangsa Eropa dan Belanda ini baru saja menggelar festival Tidore 2017. Acara ini menghadirkan ratusan perahu Juanga dan kawalan perahu Kora-kora alias Armada Perang yang mengiringi Sultan Tidore Husain Sjah. Dalam acara ini Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore, Kepulauan Maluku me-launching Museum Maritim dunia.

2. Pulau Maitara

Foto: Lihat.co.id

Pernah lihat gambar uang pecahan Rp. 1.000? Pasti tahu dong dengan pemandangan gunungnya yang keren. Namanya Pulau Maitara. Pulau yang berada di dekat pulau Tidore ini juga menawarkan keindahan bawah laut dan pantai pasir putih.

3. Puncak Gunung Kie Matubu

Foto: Encrypted-tbn2.gstatic.com

Kie Matubu atau yang sering disebut sebagai Gunung Tidore merupakan gunung tertinggi di Maluku Utara. Dengan ketinggian 1730 mdpl diatas permukaan laut, puncak gunung ini menawarkan pemandangan yang luar biasa. Dari atas puncak gunung ini, Inspirator akan disuguhkan beberapa pemandangan pulau disekitar Tidore dan kota Tidore.

4. Benteng Tore dan Tahula

Foto: Kemendikbud

Pulau yang kaya akan rempah-rempah ini dulunya pernah dikuasai oleh bangsa Portugis. Hal itu bisa dilihat dari beberapa peninggalan yang masih bisa dijumpai sampai saat ini. Salah satunya adalah Benteng Tore dan Tahula. Benteng ini berdekatan dan berada di dekat kota Saosi. Dari Benteng ini, Inspirator bisa melihat keindahan laut yang memisahkan Pulau Tidore dan Halmahare serta kota Saosi yang dibangun oleh Sebastiano De Elaco seorang pelaut Spanyol.

5. Rumah Lumba-Lumba di Pulau Mare
Foto: Okezone.com
Tak hanya pemandangan alam yang menakjubkan, Inspirator juga bisa berkunjung ke rumah lumba-lumba di pulau Mare. Waktu terbaik untuk melihat atraksi tersebut adalah sekitar jam 6 WIT karena pada saat itu biasanya lumba-lumba baru bangun dan bersiap untuk melakukan aktivitas dan menari kesana-kemari.
6. Desa Guru Bunga
Foto: Tips-wisata-indonesia.blogspot.co.id

Gura Bunga dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Taman Bunga merupakan salah satu desa yang berada di lereng gunung Kie Matabu. Kenapa disebut desa Gura Bunga? Karena desa ini diwarnai beberapa bunga dipekarangan setiap rumah warganya. Selain indah dan sejuk, keharmonisan masyarakatnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Berbagai latar belakang agama dan budaya yang di ada di desa ini menjadikan desa ini sangat harmonis.

7. Pantai Ake Sahu
Foto: Ivacanza.co

Umumnya pemandian air panas di kolam atau gunung. Berbeda halnya dengan pemandian air panas di Tidore, pemandian air panas di tepi pantai Ake Sahu. Pantai Ake Sahu tidak jauh dari pelabuhan Rum atau sekitar 30 menit jika menggunakan kendaraan pribadi.

Keep Breathing, Keep Inspiring! 

Inspirator Freak 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here