7 Tips Memilih Jurusan Yang Tepat

Source: blog.sina.com.cn

Hai, Inspirator! Sekarang ini siswa-siswa kelas XII SMA sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional pada tanggal 4 April 2016 nanti. Tentunya, sekarang ini mereka sudah mulai mencari informasi terkait universitas beserta jurusan yang kiranya mereka sukai dan ingin mendalami ilmu tersebut. Memilih jurusan yang tepat merupakan hal penting bagi siswa-siswa tersebut. Akan tetapi, dalam prosesnya mereka seringkali dilanda kebingungan. Saat Education Expo kemarin pun, jarang siswa kelas XII yang sudah mantap memilih jurusan tertentu. Padahal pemilihan jurusan ini merupakan langkah yang besar untuk kita kedepannya, Inspirator. Soalnya klo Inspirator salah pilih, kehidupan kalian kurang lebih 4 tahun kedepan di universitas bakalan sengsara banget.  Bayangin aja kalian harus belajar tentang hal-hal yang kalian gak suka? Nah, karena itu IF akan bagiin tips buat Inspirator semua biar kalian lebih mudah untuk memilih jurusan yang tepat. Apa saja sih? Yuk kita bahas! 1.Jangan Tergantung Universitas

Sumber : dagodang.files.wordpress.com
Sumber : dagodang.files.wordpress.com
Duh, ini nih yang sering banget didenger kalau lagi ke sekolah-sekolah. Memang, kampus-kampus ternama menawarkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Akan tetapi, kalau tidak ada jurusan yang kita mau, kenapa harus “terpaksa” masuk kampus tersebut? Jadi cara pandang kita yang harus diubah. Tentukan jurusan dulu. Baru kampusnya. Jadi gak ada tuh yang namanya salah pilih jurusan karena cuma tergiur nama besar kampus. 2.Prospek? Tergantung Skill Kalian
Sumber : konsultanpendidikan.com
Sumber : konsultanpendidikan.com
Kak, aku mau ambil jurusan A tapi kayaknya ngak ada prospek ya?” Pertanyaan ini memang menjadi pertanyaan wajib kali ya, kayaknya udah jawab pertanyaan ini berulang-ulang tapi masih ada aja yang nanya pertanyaan ini. Jurusan apapun pasti ada peluang kerjanya. “Masa iya sih kak? Tapi temenya kakaknya temenku ambil A tapi ngak kerja-kerja?”, duh dik, coba telusuri dulu, gimana dia semasa kuliah. Apakah dia punya skill atau tidak? Jangan khawatir masalah prospek kerja, selama kalian punya skill dan kepribadian yang baik, kerjaan pasti menghampiri kok. 3.Kenali Jurusan yang Akan Kalian Ambil
Sumber : theodysseyonline.com
Sumber : theodysseyonline.com
Loh, gimana kenalinya masuk aja belom? Coba Inspirator tanya sama om gugel, dia pasti akan menjawab semua pertanyaan kalian. Coba kalian googling tentang mata kuliah apa saja yang ada di jurusan yang kalian mau. Yang perlu diingat, setiap universitas walaupun jurusanya sama, terkadang mempunyai konsentrasi yang berbeda. Jadi, kalian harus benar-benar detil mencari informasi yang satu ini ya! Kalau dirasa belum puas, kalian bisa tanya kakak-kakak alumi yang sudah diterima, lho. Pasti mereka dengan senang hati akan membantu! 4.Jangan Ikut-ikutan Temen
Sumber ; https://ask.fm/muhammadnizaar
Sumber ; https://ask.fm/muhammadnizaar
Ini mungkin hal yang simpel, tapi banyak juga yang terjebak karena ngikutin temen ketika memilih jurusan. Sebelum ngikutin, coba pikirkan, masa mau masa depan tidak cerah demi ngikutin temen? Pokoknya, jangan deh sekali-kali ngikutin temen, bahkan sahabat sekalipun, kalau emang beda minat dan bakat. Nanti juga saat kuliah kalian akan ketemu temen-temen yang asyik juga kok, oke? 5.Jangan Asal Keterima
Sumber : www.anakui.com
Sumber : www.anakui.com
Dulu saat kelas XII, pasti ada “bisikan-bisikan” yang mengatakan yang penting diterima di universitas negeri, lah. Mau jurusan apapun. Dan mirisnya, banyak yang terjebak karena ini. Mungkin, bagi sebagian orang terkendala masalah finansial. Namun sebagian orang lagi, karena gengsi semata. Yuk, ubah cara berpikir kita. IF tekankan sekali lagi nih, pilih jurusanya dulu baru universitasnya. 6.Kenali Diri Sendiri
Sumber : portal-uang.com
Sumber : portal-uang.com
Kok ya, aku mau milih jurusan malah disuruh kenalin diri sendiri?! Eits, kalau kalian bingung tentang jurusan yang kalian inginkan itu tandanya kalian belum mengenal diri kalian sendiri, lho. Kalian minatnya dimana bakatnya dimana. Coba dengarkan kata hati kalian sendiri, deh. Kalau masih bingung salah satu solusinya yaitu dengan tes psikologi. Ya, cara ini akan membantu banget. Tapi, jangan lupa hasilnya harus kalian tanyakan pada diri kalian, sudah cocok atau belum. 7.Berbicara dengan baik-baik sama orangtua
Sumber : totalsororitymove.com
Sumber : totalsororitymove.com
Terkadang masih banyak orang tua yang “memaksakan” anaknya untuk memilih jurusan tertentu. Namun, ternyata anaknya malah “terseok-seok” mengikuti perkuliahan. Atau bahkan, dapat lulus, tapi biasanya gak bekerja di bidang jurusanya. Inget satu hal. Orang tua pasti mengingkan yang terbaik bagi anak-anaknya. Jadi, bicaralah baik-baik dengan orang tua kalian, guys. Tunjukkin kalau kalian serius memilih jurusan yang kalian mau. Mungkin, kalian bisa presentasikan jurusan kalian dan nantinya kalian mau jadi seperti apa ke orang tua kalian. Nah, kalau sudah diperbolehkan, jangan sia-siakan kepercayaan yang sudah mereka berikan ya, guys! Nah, itu tadi 7 Tips Memilih Jurusan Yang Tepat dari IF. Semoga, Inspirator semua jadi gak bingung lagi yaaa ketika milih jurusan. Jadi, nantinya, gak ada deh yang namanya kalian salah ambil jurusan. Jadikan suasana perkuliahan menjadi hal yang menyenangkan, bukan malah menyuramkan. So, good luck, guys! Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Noviyanti Editor   : Kintan Lestari   Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here