foto: www.boredpanda.com

Halo Inspirator! Gak kerasa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2016 untuk pelajar SMA dan sederajat dimulai hari ini. UN digunakan untuk menguji kemampuan pelajar dalam bidang akademik, serta sebagai tolak ukur keberhasilan pendidikan di daerah yang melaksanakan UN tersebut. Tentu saja, pelajar harus mempersiapkan diri untuk mendapatkan nilai yang memuaskan. Oleh karena itu, kali ini IF akan membagikan beberapa tips buat Inspirator untuk menghadapi UN.

1. Perbanyak Latihan Soal

Image result for tips menghadapi un Ilustrasi: hedisasrawan.blogspot.com Untuk mengerjakan soal UN, kamu harus perbanyak latihan mengerjakan soal-soal, baik itu dari internet, sekolah, tempat les, maupun dari buku pelajaran. Sangat disarankan bagi kamu untuk memecahkan soal itu tanpa bantuan siapa pun sehingga kamu bisa mengetahui kemampuan kamu dan memperbaiki bagian yang sulit dikerjakan.

2. Tidur yang Cukup

Image result for tips menghadapi un Ilustrasi: rendomblog.blogspot.com Jika kamu hanya belajar tanpa memperhatikan kesehatan, hal itu justru menjadi bumerang bagi kamu sendiri. Kesehatan merupakan hal nomor satu yang harus dijaga. Salah satu caranya adalah dengan tidur yang cukup, yaitu ± 8 jam. Dengan begitu kamu akan siap secara mental dalam mengerjakan soal.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Image result for makan bergizi untuk menghadapi un Ilustrasi: bintang.com Makanan merupakan sumber energi bagi manusia, terutama untuk berpikir. Maka dari itu, sangat diharuskan bagi kamu untuk sarapan sebelum mengerjakan soal. Makanan yang dikonsumsi pun haruslah bergizi dengan porsi yang cukup sehingga kamu tidak merasa ngantuk dan lebih konsentrasi dalam mengerjakan soal.

4. Membawa Perlengkapan Alat Tulis

Image result for bawa perlengkapan alat tulis untuk menghadapi un Ilustrasi: kaskus.co.id Dalam berperang kita membutuhkan senjata. Begitu juga ketika kamu akan mengerjakan soal ujian, kamu membutuhkan senjata, yaitu alat tulis. Persiapkan dengan baik alat tulis kamu, seperti pulpen, pensil, penghapus, rautan, papan (alas), dan penggaris di dalam tasmu. Jangan sampai salah satu dari alat tulis kamu tertinggal lho!

5. Berdoa

Image result for berdoa untuk menghadapi un Ilustrasi: vamoseurope.blogspot.com Usaha manusia tidak akan berarti tanpa bantuan Tuhan, begitu juga sebaliknya. Jika kamu sudah berusaha untuk belajar demi bisa mengerjakan soal ujian, sebaiknya kamu juga tidak lupa untuk meminta bantuan Tuhan dengan berdoa. Ingatlah untuk berdoa sebelum melakukan sesuatu!

6. Periksa Kembali

Image result for periksa kembali kertas ujian untuk menghadapi un Ilustrasi: setiaonebudhi.wordpress.com Jika kamu sudah selesai mengerjakan soal dan masih ada waktu, jangan lupa untuk memeriksa kembali lembar jawaban kamu. Lihat apakah semua soal telah terisi dengan benar dan tepat. Jika sudah, periksa kembali indentitas kamu, jangan sampai ada yang terlewat ataupun tertinggal ya.

7. Bertindak Jujur

Image result for bertindak jujur untuk menghadapi un Ilustrasi: hanya-kutipan.blogspot.com Tips terakhir adalah hal yang wajib kamu lakukan, yaitu bertindak jujur. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan bertindak jujur dalam mengerjakan soal. Kamu bisa lebih berkonsentrasi, lebih tenang, dan tentunya kamu akan bangga dengan hasilnya karena kamu mengerjakan itu dengan kerja keras dan jerih payah kamu. Ingatlah untuk bertindak jujur, karena lebih baik jujur dengan hasil apa adanya, daripada mencontek dengan hasil “tinggi” tapi nyatanya kamu tidak mendapatkan apa-apa. Itulah tujuh tips yang patut kamu coba untuk menghadapi UN. Hal terpenting adalah yakin terhadap diri sendiri dan kemampuan yang kamu miliki. Nah, sebagai anak muda yang inspiratif kita harus berani untuk bertidak jujur dalam segala hal sehingga hasilnya akan membanggakan kamu dan orang lain. Good luck Inspirator! Keep Breathing, Keep Inspiring Penulis : Ryan Sucipto Editor   : Kintan Lestari   Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY