7 Tips Ampuh Menghadapi Kritikan di Tempat Kerja

Photo: google

Ada sebagian orang yang akan merasa terluka saat mendapat kritikan. Padahal, kritikan merupakan hal wajar yang akan kamu terima di lingkungan kerja. Melalui kritikan, kamu jadi bisa belajar untuk memperbaiki kesalahan dan membangun kualitas diri. Saat kamu mendapatkan kritikan di tempat kerja, jangan langsung “menyerang” si pengkritik atau malah menyalahkan diri sendiri. Simak tips menghadapi kritikan di tempat kerja berikut ini supaya kamu bisa tetap tenang ketika mendapat kritikan.

1. Dengarkan tanpa membalas

Photo: google

Ketika mendapatkan kritikan dari rekan kerja atau atasan, cobalah untuk dengarkan setiap poin yang mereka berikan. Luangkan waktu untuk benar-benar mendengarkan kritikan mereka tanpa berpikir bagaimana cara untuk membalas ucapannya, karena hal itu hanya akan memicu pertengkaran.

2. Lihat sisi positifnya

Photo: duniakaryawan.com

Memang hal normal kalau kamu akan merasa marah atau kesal saat menerima kritik. Tapi, cobalah untuk melihat hikmah positif yang tersirat dibalik kritikan tersebut untuk pengembangan dirimu.

3. Tidak usah “telan” semua

Photo: maxmanroe

Dari setiap kritikan yang ditujukan untukmu, kamu perlu menyaring bagian-bagian yang masuk akal dan memang sesuai dengan kesalahanmu. Jangan ambil pusing dengan kritikan yang menyerang pribadimu secara subjektif. Ambil saja poin yang masuk akal untuk diterima.

4. Lakukan dan perbaiki

Photo: elearningindustry.com

Jika memang kritikan tersebut terjadi karena ada kelalaianmu dalam menjalankan tugas atau pekerjaan, kamu harus segera melakukan dan memperbaikinya. Buatlah jadwal prioritas supaya pekerjaanmu bisa selesai dengan baik.

 5. Mundur sejenak

Photo: google

Menyembuhkan diri setelah mendapatkan kritikan memang tidak mudah. Terkadang kamu akan kesulitan untuk mengusir suara-suara negatif dari pikiranmu. Kalau hal itu sedang kamu rasakan, mundur sejenak dari urusan pekerjaan dan lakukan sesuatu yang bisa membuat dirimu merasa lebih baik.

6. Minta nasehat pada orang terpercaya

Photo: google

Orang yang sudah kamu percaya—entah teman atau keluarga–pasti akan mengatakan hal jujur yang mungkin tidak ingin kamu dengar. Tanyakan tanggapan mereka tentang kritikan yang ditujukan untukmu, dan dengarlah nasehat yang mereka berikan. Dengan begitu, kamu jadi bisa melihat lebih jernih kritikan yang ditujukan untukmu.

7. Ucapkan terima kasih

Photo: lusiana87.wordpress.com

Ini mungkin jadi bagian tersulit untuk dilakukan saat kamu mendapatkan kritikan. Namun, mengucapkan terima kasih akan menjadi nilai tambah untuk pribadimu di mata mereka, karena berarti kamu menghargai upaya mereka untuk memberikan evaluasi terkait dirimu.

Itulah 7 tips menghadapi kritikan di tempat kerja yang bisa kamu terapkan. It’s ok to make some mistake, karena tidak ada manusia yang sempurna—termasuk atasan dan rekan kerjamu. Melalui sebuah kesalahan, kamu akan menjadi pribadi yang lebih baik. Jadi, sudah siap kan, kalau harus menghadapi kritikan di tempat kerja?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here