7 Perpustakaan Keren di Indonesia Yang Membuatmu Betah Membaca Buku

buku

Membaca buku dalam perangkat elektronik memang sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Hal tersebut tentu karena lebih praktis. Namun, tahukah Inspirator, ada salah satu kegiatan menyenangkan yang sekarang hampir tak banyak dilakukan lagi? Yap, berkunjung ke perpustakaan. Hayoo, kalau Inspirator, kapan terakhir kali ke perpustakaan?

Jangan salah, membaca buku di perpustakaan akan membuat kita merasakan suasana yang berbeda, loh! Memberikan inspirasi baru, selain itu Inspirator juga akan menemukan berbagai koleksi buku yang tidak tersedia dalam versi digital.

Dalam menyambut Hari Buku Sedunia yang jatuh pada tanggal 23 April ini, Inspirator Freak akan merangkum 7 perpustakaan keren di Indonesia yang membuat Inspirator betah membaca buku. Yuk, dilihat!

  1. Microlibrary Bima

Microlibrary Bima | Sumber: kompas.com

Tahukah, Inspirator? Perpustakaan yang satu ini dirancang oleh SHAU Architects, dan memanfaatkan bahan-bahan daur ulang, termasuk 2.000 ember plastik untuk membangun dinding perpustakaannya, loh! Wow, keren, ya! Jika Inspirator ke sini, bisa diperhatikan dengan teliti bagian dinding ember es krim tersebut sebenarnya membentuk kode biner dari kalimat “buku adalah jendela dunia”.

Microlibrary Bima | Sumber: kompas.com

Dilansir dari Kompas.com, selain meningkatkan literasi di Indonesia, sang arsitek Heinzelmann juga berharap agar perpustakaan ini mampu menumbuhkan kesadaran lingkungan masyarakat.

Alamat: Jl. Bima, Arjuna, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat

  1. Telkom University Open Library

Telkom University Open Library | Sumber: metrotvnews.com

Buat Inspirator yang bukan mahasiswa Universitas Telkom, tetapi ingin ke Open Library, tentu sangat diperbolehkan. Perpustakaan ini mengambil konsep green futuristic dan berstandar internasional. Jika datang ke perpustakaan ini, Inspirator dapat menikmati fasilitas gratis seperti katalog digital, mini teater, 14 ruang diskusi, WiFi, kafe, ruang multimedia, ruang akses koleksi digital, enam area baca, dan tempat ibadah. Wah, perpustakaannya kekinian sekali bukan?

Alamat: Telkom University, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

  1. Perpustakaan Soeman HS

Perpustakaan Soeman HS | Sumber: 1000warnaindonesia.blogspot.co.id

Perpustakaan Soeman HS merupakan salah satu icon Kota Pekanbaru. Inspirator yang berkunjung ke sini akan disuguhi pemandangan kota Pekanbaru yang terlihat dari dinding kaca lebar yang mengelilingi gedung.

Perpustakaan Soeman HS | Sumber: 1000warnaindonesia.blogspot.co.id

Selain menjadi ruang baca, perpustakaan yang terdiri dari 6 lantai ini juga menjadi ruang publik bagi masyarakat. Pameran, bedah buku, presentasi, hingga kumpul komunitas sering diadakan di Gedung Perpustakaan ini.

Alamat: Jl. Cut Nyak Dien, Kota Pekanbaru, Riau

  1. Perpustakaan Freedom

Perpustakaan Freedom | Sumber: 1000warnaindonesia.blogspot.co.id

Saat memasuki ruang Perpustakaan Freedom, Inspirator akan disambut oleh gemerlap lampu yang bergelantungan dengan gaya minimalis lengkap dengan deretan sofa empuk. Koleksi bukunya juga cukup lengkap, mulai dari buku yang bertema sosial politik dan budaya. Belum lagi ditambah suasana yang nyaman, fasilitas ruang AC dan WiFi membuat perpustakaan yang satu ini tak pernah sepi, karena berhasil memanjakan pengunjungnya.

Alamat: Jl. Proklamasi No. 41 Menteng, Jakarta Pusat

  1. Comic Cafe

Comic Cafe | Sumber: 1000warnaindonesia.blogspot.co.id

Inspirator salah satu pecinta komik? Kalau begitu, tempat ini cocok untuk Inspirator! Karena semua ruang baca di Comic Cafe didesain oleh sang pemilik dengan konsep berbau komik. Mulai dari buku, wallpaper, hiasan dinding, sampai taplak meja yang digunakan pun semua bertemakan komik. Komik yang tersedia di sini bukan hanya berasal dari Jepang saja, loh! Tetapi ada yang dari China, Korea, dan tentunya Negara kita tercinta Indonesia. Sambil membaca, Inspirator juga bisa menikmati berbagai sajian menu yang disediakan dalam Comic Cafe.

Alamat: Jl. Tebet Utara Raya No. 53D Bukit duri, Tebet, Jakarta Selatan

  1. Perpustakaan Perahu Patinggaloang

Perahu Pustaka Patinggaloang | Sumber: astralife.co.id

Pernahkah Inspirator membaca buku di atas perahu? Perpustakaan perahu ini berkeliling menyebrangi pulau-pulau kecil untuk membawa buku dan menyalurkannya ke masyarakat Sulawesi Barat yang tinggal di pesisir.

Perahu Pustaka Patinggaloang | Sumber : brilio.net

4000 koleksi pribadi yang terdiri dari majalah, novel, sampai komik tersedia dalam Perpustakaan Perahu ini. Bahkan, Muhammad Ridwan Alimunddin tak hanya merintis perpustakaan dalam bentuk perahu saja, tetapi ada juga sepeda motor, becak, dan bendi untuk menjangkau daerah-daerah lereng bukit.

Alamat: Polewali Mandar, Sulawesi Barat

  1. Perpustakaan Universitas Malahayati

Perpustakaan Universitas Malahayati | Sumber: atjehcyber.com

Perpustakaan Universitas Malahayati memiliki bangunan yang luas, dan dilengkapi dengan ribuan buku yang tertata rapi. Yang membuat perpustakaan ini terlihat beda adalah di sekelilingnya terdapat kolam ikan dan dilengkapi dengan miniatur rumah adat dari seluruh Indonesia! Waah, membaca buku sambil mendengar suara gemericik air kolam, sangat menyenangkan bukan?

Alamat: Jl. Pramuka, No. 27, Gedung Terpadu, Lantai 8 , Komplek Kampus Universitas Malahayati, Bandar Lampung

Bagaimana Inspirator, tertarik untuk mengunjungi salah satunya? Ayo, kita baca buku ke perpustakaan!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here