donor darah

Hai Inspirator! Apa yang ada di benak Inspirator ketika membaca Palang Merah Indonesia? Hampir setiap orang akan mengarahkan pikirannya pada donor darah. Meski demikian, jumlah darah yang tersedia selalu kurang karena darah yang didonorkan tidak dapat bertahan selamanya dan masih banyak masyarakat ragu atau bahkan enggan mendonorkan darah mereka. Memperingati Hari Palang Merah Dunia atau World Red Cross Day (8/5), Inspirator Freak mau membagikan manfaat menarik bagi Inspirator yang belum rutin melakukan donor darah. Yuk kita simak!

1. Menyelamatkan nyawa orang lain

donor darah
Sumber: adsoftheworld.com
Apabila kita menyaksikan film superhero, seringkali kita berkeinginan untuk menjadi seperti mereka. Tak apa, dengan mendonorkan darah saja, Inspirator sudah sama hebatnya dengan superhero itu kok! Satu kantung darah bisa menyelamatkan 3 nyawa lho!

2. Membakar kalori dalam tubuh

donor darah
Sumber: www.who.int
Memiliki bentuk tubuh ideal tentu menjadi idaman setiap orang. Bagi Inspirator yang kelebihan berat badan namun tak sempat untuk rutin berolahraga, donorkan saja darah setiap 3 bulan. Dengan mendonorkan darah, selain menurunkan berat badan, Inspirator juga turut melakukan aksi sosial.

3. Menurunkan risiko kanker

donor darah
Sumber: www.continentalhospitals.com
Kanker adalah penyakit paling mematikan yang sering diderita manusia. Donor darah secara berkala ternyata ampuh menurunkan risiko kanker.

4. Melindungi jantung

donor darah
Sumber: www.articlecube.com
Jantung merupakan salah satu organ penting tubuh kita. Namun, terkadang kita tidak menjaganya dengan baik. Donor darah bisa menjadi cara yang terbukti ampuh untuk melindungi jantung agar tetap sehat.

5. Mencegah stroke

donor darah
Sumber: www.deogratiasclinic.com
Stroke adalah salah satu penyakit penyebab kematian yang cukup sering terjadi, terlebih saat tidak ditangani dengan cepat. Dengan rutin mendonorkan darah, pendonor darah dapat mencegah terjadinya stroke sedini mungkin.

6. Melakukan pengecekan kesehatan

donor darah
Sumber: healthyroadsblog.com
Sebelum mendonorkan darah, tentu harus diperiksa terlebih dahulu apakah pendonor dalam kondisi yang prima dan sehat. Tak harus mengeluarkan uang banyak, donor darah secara rutin dapat menjadi alternatif bagi Inspirator untuk mengecek kesehatan secara berkala.

7. Mencegah penuaan dini

donor darah
Sumber: www.geneva.edu
Tampak awet muda adalah keinginan semua orang, karena kita ingin tampil yang terbaik. Ternyata awet muda tidak harus melulu soal obat kecantikan dan alat rias yang mahal kok! Donor darah terbukti mampu mencegah penuaan dini. Siap rutin mendonorkan darah Inspirator? Nah Inspirator, manfaat-manfaat diatas hanyalah sebagian dari keuntungan donor darah. Masih banyak manfaat dari sisi medis dan psikologis yang bisa kita peroleh melalui donor darah. Yuk mulai sekarang berbagi darah untuk sesama!  

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Timothy Wiradanny Editor   : Nindya Kharisma Cahyaningtyas Inspirator Freak Twitter : @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspirator_freak Web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

SHARE
Previous articleDee Lestari: Menulis itu Sebuah Seni
Next articleJangan Khawatir! 5 Hal Ini Akan Memotivasimu Menjadi Orang Inspiratif

LEAVE A REPLY